Tips Bisnis/ilustrasi
Relationship

Ini Sifat Kritis Sang Pebisnis Sukses

Nirmala Aninda
Selasa, 8 September 2020 - 14:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kunci sukses dalam berwirausaha bukanlah kecerdasan tradisional, seperti IQ yang tinggi, tetapi ketabahan.

Ketabahan adalah kombinasi dari ketekunan, semangat, dan ketahanan. Ketekunan membuat Anda tetap fokus saat keadaan menjadi sulit.

Semangat cukup jelas: cinta dan perhatian pada apa yang Anda lakukan. Ketahanan memberi Anda keberanian mental yang diperlukan untuk terus mencoba.

Suatu saat Anda mungkin terlempar dari kuda, tetapi Anda dapat bangkit dan kembali ke pelana.

Di tengah pandemi Covid-19, mempertahankan ketiga sifat ini merupakan tantangan yang sulit. Bahkan pengusaha yang paling tangguh pun mungkin pernah mengalami hari-hari ketika mereka berjuang dengan kesehatan mental mereka. Apakah mungkin untuk membangun ketahanan Anda di tengah masa yang belum pernah terjadi sebelumnya ini?

Jawabannya adalah mungkin. menurut pakar ketahanan Wayne M. Sotile dan ahli bedah saraf Gary R. Simonds.

"Individu tertentu, biasanya mereka yang bekerja di bidang medis, berkembang selama masa krisis karena mereka menanamkan kebiasaan yang menciptakan ketahanan tingkat tinggi ... [yang] memungkinkan mereka untuk mengatasinya," seperti dikutip melalui Forbes, Selasa (8/9/2020).

Mengasah kebiasaan tersebut akan membantu mereka untuk berkembang di masa depan. Bagaimana Anda bisa terbiasa dengan dasar-dasar untuk membangun jenis ketahanan ini? Sotile dan Simonds mengacu pada akronim WIRED.

Mari kita uraikan bagaimana setiap bagian dari akronim ini dapat membantu Anda membangun ketahanan:

Wellness: Fokus pada kesehatan pribadi Anda

Banyak pengusaha di awal Covid-19 mungkin merasa takut, kesepian, dan tidak yakin dengan masa depan. Untuk tetap tangguh, banyak yang memiliki hobi seperti memasak, berkebun, dan menari yang memungkinkan untuk mempraktikkan perawatan diri.

Ciptakan keseimbangan kehidupan kerja yang sesuai untuk Anda dan kebutuhan spesifik Anda. Perlakukan diri Anda seperti baterai yang tahu kapan waktunya untuk dimatikan dan mengisi ulang daya.

Input: Pahami apa yang mempengaruhi kondisi mental Anda

Hal apa saja yang memanifestasikan stres Anda? Anda mungkin bisa mengetahuinya dengan menggunakan Stress Continuum. Ini adalah model yang biasa digunakan oleh militer untuk menilai dan mengelola stres. Dengan model ini, Anda dapat mengartikulasikan perasaan dan perilaku Anda saat stres.

Seiring waktu, Stress Continuum secara bertahap akan menjadi lebih dipersonalisasi saat Anda memahami gejala terkait stres (misalnya, perubahan pola makan atau tingkat energi) yang khusus untuk Anda. Kegiatan ini perlu dilakukan secara konsisten. Namun, seiring waktu, Anda dapat mempelajari penyebab stres Anda, mempraktikkan aktivitas yang diperlukan untuk memindahkan Anda ke zona hijau, dan melepaskan stres dari sistem Anda untuk fokus pada bisnis Anda.

Recognize: Kenali cara-cara yang berhasil mengasah ketahanan

Lihat kembali pencapaian yang telah Anda capai dalam karier Anda. Ini sangat besar dalam membangun ketahanan. Berbagai macam faktor mungkin melawan Anda di setiap bagian kehidupan Anda, tetapi Anda dapat berhasil dan berkembang dengan melewati tantangan tersebut.

Dialogue: Lakukan percakapan rutin

Bicaralah dengan tim Anda, orang yang Anda cintai, pemimpin di tim Anda, dan komunitas media sosial. Tentang apa? Apa pun yang Anda sukai, yang dapat mencakup bisnis Anda dan komunitas bisnis kecil hingga keadilan sosial dan bagaimana Anda dapat bertindak untuk membuat perubahan.

Menyampaikan pendapat sangat penting untuk membangun ketahanan. Anda tidak hanya berbicara tentang apa yang penting bagi Anda, tetapi Anda juga memperdalam hubungan yang Anda miliki dengan individu yang Anda ajak bicara dan mendorong mereka untuk mendengarkan, berpikir, dan menanggapi dengan ide dan pemikiran mereka sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro