Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Teknik Pijat Bayi Hilangkan Perut Kembung

Untuk teknik pijat ini, mulailah tepat di atas pusar di sisi kiri perut bayi. Geser telunjuk dan jari tengah Anda melintasi tubuh bayi ke arah sisi kanan.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 08 September 2020  |  12:21 WIB
Pijat bayi - maisiepopins.com
Pijat bayi - maisiepopins.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Pembentukan gas di perut bayi adalah masalah paling umum yang dialami bayi baru lahir dan seringkali para ahli merekomendasikan pijat bayi.

Masalah gas dapat membuat bayi Anda tertekan semalaman yang menyebabkan malam-malam yang tidak bisa tidur panjang bagi ibu dan bayinya. Mempelajari teknik pijat sederhana ini bisa menjadi penyelamat saat anak Anda kesakitan.

Mengutip dari Parenting First Cry, Selasa (8/9/2020), ada beberapa teknik pemijatan yang dapat Anda coba.

Memijat bayi Anda bisa menjadi pengalaman yang luar biasa bagi Anda dan bayi, ini tidak hanya membantu menghilangkan udara yang terperangkap, tetapi juga merangsang pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda secara keseluruhan. Pijatan pijat perut bayi dirancang untuk memindahkan udara yang terperangkap dari perut dan usus menuju usus. Sebagian besar gerakan pijat perut dimulai dari sisi kanan bawah perut bayi dan berakhir di sisi kiri perut.

1. Tekan Lutut

Dukung lutut bayi Anda dengan menjepit jari telunjuk Anda di belakang lutut dan menekuk lututnya ke arah perutnya. Sekarang, dengan lembut tekan dan pantulkan lutut ke perutnya. Ini adalah teknik yang mudah dan efektif untuk menghilangkan gas.

2. Gerakan Tangan Searah Jarum Jam

Bayangkan perut bayi Anda adalah permukaan jam. Sekarang, mulai dari jam 7 dengan lembut tekan dan gerakkan tangan Anda searah jarum jam (mulai dari kiri ke kanan). Ikuti gerakan dengan tangan lainnya.

3. Pijat Gas Bayi I Love You

Untuk melakukan ini, Anda perlu menahan jari telunjuk dan jari tengah secara bersamaan. Sekarang, mulai dari sisi kanan perut bayi Anda, jiplak huruf 'I'. Selanjutnya, ikuti dengan menelusuri huruf 'L' secara menyamping, Anda bisa mulai dari sudut kiri atas perut bayi Anda bergerak ke seberang dan ke bawah. sisi kanan perut. Telusuri semua huruf dan Anda bisa menyelesaikannya dengan huruf U terbalik mulai dari sudut kiri bawah perut menelusuri ke atas melintasi batang tubuh (di atas pusar) dan turun kembali ke sisi kanan. Beri tahu bayi Anda betapa Anda mencintainya saat melakukan pijatan khusus ini untuknya!

4. Pijat Mendayung

Untuk teknik ini, letakkan sisi panjang dan lebar tangan Anda di atas perut bayi secara horizontal (sedemikian rupa sehingga jari kelingking mengarah ke perut). Sekarang, tekan dengan lembut di bawah tulang rusuk dan geser tangan Anda ke bawah sepanjang perut bayi. Ikuti hal yang sama dengan tangan lainnya.

5. Pijat Menggunakan Jempol

Untuk ini, pegang erat bayi Anda di pinggang dan sekarang letakkan kedua ibu jari dengan kuat di atas perut bayi Anda, tepat di atas pusar. Sekarang, tekan dengan lembut dan geser ibu jari ke sisi perutnya secara bersamaan (dengan gerakan sedemikian rupa sehingga ibu jari menjauh dari satu sama lain ke arah yang berlawanan).

6. Teknik Pijat Matahari dan Bulan

Gunakan ujung jari Anda untuk menggambar lingkaran imajiner di sekitar pusar bayi Anda searah jarum jam. Lanjutkan menjiplak sapuan lingkaran penuh dengan satu tangan, sementara tangan lainnya mengikuti di belakang tangan pertama untuk membuat setengah lingkaran. Jadikan lebih menarik dengan menyanyikan lagu matahari dan bulan dengan lantang untuk bayi Anda saat melakukan pijatan. Lakukan ini searah jarum jam.

7. Teknik Walking Moon

Untuk teknik pijat ini, mulailah tepat di atas pusar di sisi kiri perut bayi Anda. Sekarang, geser telunjuk dan jari tengah Anda melintasi tubuh bayi ke arah sisi kanan.

Masing-masing teknik pijat di atas dapat dilakukan 3-4 kali sekaligus dan dapat diulang dua kali sehari selama dua minggu atau lebih sampai masalah gas berlanjut. Akhiri selalu pijatan dengan 'sentuhan relaksasi' dengan meletakkan tangan Anda di perut bayi, ini akan membantu Anda terhubung dengan pernapasan bayi Anda dan juga mengirimkan pesan cinta dan kehangatan padanya!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bayi pijat bayi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top