Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

6 Artis Indonesia yang Terkena Covid-19, dari Yopie Latul Hingga Iis Sugianto

Dari ratusan ribu terinfeksi, ada di antaranya selebriti tanah air. Bahkan, salah satu artis yakni Yopie Latul meninggal dunia setelah positif Covid-19.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 15 September 2020  |  22:12 WIB
Andrea Dian sembuh dari infeksi virus Corona. - Antara
Andrea Dian sembuh dari infeksi virus Corona. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Lebih dari enam bulan pandemi covid-19 melanda tanah air, lebih dari 200.000 orang terinfeksi dan lebih dari 8.000 meninggal dunia.

Dari ratusan ribu terinfeksi, ada di antaranya selebriti tanah air. Bahkan, salah satu artis yakni Yopie Latul meninggal dunia setelah positif Covid-19.

Berikut daftar artis tanah air yang positif Covid-19

1. Detri Warmanto

Aktor Detri Warmanto positif terkena virus corona baru (Covid-19).

Dia mendapatkan kabar hari ini jam 18.00 kalau positif Covid-19 setelah tes di RSPAD yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 15 Maret.

Detri yang merupakan suami dari Karunia Putripari Cendana yang merupakan putri Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Tjahjo Kumolo itu lantas mengatakan bahwa dirinya dalam keadaan baik.

"Tidak ada gejala sedikitpun yang menunjukkan saya sakit."

Ayah dari dua anak itu saat ini melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. "Mohon doanya supaya saya baik-baik saja," kata dia. Dia kemudian sehat kembali setelah isolasi mandiri selama lebih dari 2 pekan.

2. Andre Dian

Artis, dan model Andrea Dian yang merupakan istri dari Ganindro Bimo mengaku positif terkena virus corona atau covid 19.

Hal itu diungkapkannya di akun instagram pribadinya. Andrea menceritakan kronologi bagaimana dirinya bisa dideteksi positif.

Menurutnya, awalnya dia merasa demam pada tanggal 13 Maret 2020 dan sempat dirawat di sebuah RS swasta di Jakarta. Saat itu, dia didiagnosa terkena demam berdarah.

Dua hari dirawat, dia merasa lebih fit namun meminta cek thorax dan influenza yang hasilnya bagus. Tapi karena penasaran, Andrea meminta tes paru dimana hasilnya terdapat flek di paru kanan dan kirinya.

Kemudian, dia akhirnya menjalani tes swab tenggorok, dan baru mendapat kabar jika dia positif covid 19 pada 18 Maret 2020. 

Dia dinyatakan sembuh dan boleh pulang pada 5 April 2020.

3. Twindy Rarasati

Twindy mengatakan dirinya positif terinfeksi virus corona pada 16 April 2020. Tapi bersyukur mendapatkan dukungan dari keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Dia juga yakin dirinya bisa sembuh dari virus tersebut. Sebelumnya, aktris Andrea Dian juga terinfeksi virus corona dan saat ini dirinya sudah sembuh.

Dari foto yang diunggahnya tampak Twindy sedang duduk di tempat tidur rumah sakit, dengan memakai masker di wajahnya.

Berdasarkan data Wikipedia, Twindy Rarasati merupakan seorang aktris dan dokter. Twindy merupakan Alumnus Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta dan saat ini tengah disibukkan menjadi Talent di Stasiun Televisi NET. Di stasiun televisi tersebut ia menjadi pemeran dalam acara Sitkom yaitu The East. 

Dia dinyatakan sembuh pada 2 Mei dan diperbolehkan pulang untuk isolasi mandiri tambahan selama 2 pekan.

4. Yopie Latul

Yopie Latul dikabarkan meninggal dunia akibat infeksi virus corona (Covid-19) yang dialaminya.

Yopie Latul merupakan penyanyi Indonesia asal Ambon, Maluku yang mempopulerkan lagu etnik bergenre poco-poco pada 1995. Musik Poco-poco kini dijadikan sebagai lagu senam.

Musik Poco-poco yang dibawakan oleh Yopie membawanya menerima piala Anugerah Musik Indonesia 2001 dalam kategori penyanyi Disco/House Music/Rap/Dance Music Terbaik. Dia lahir di Maluku, 7 September 1955.

Sebelumnya, Carllo Latul yang akrab disapa Rio mengungkapkan bahwa ayahnya dinyatakan positif terinfeksi virus corona, dengan diagnosa sebagai orang tanpa gejala (OTG).

"Sekarang ayah kami sudah dapat penanganan dan sedang dirawat di RS. Sentra Medika Cibinong," ungkapnya.

Rio mengatakan bahwa  mereka sekeluarga telah melakukan swab  tes dan diperoleh hasil negatif. Kini keluarganya sedang melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Dari informasi yang  diperoleh Bisnis, Yopie Latul meninggal dunia pada pukul 15.32 WIB.

5. Iis Sugianto

Penyanyi senior, Iis Sugianto mengabarkan dirinya baru saja melewati masa kritis sebagai pasien Covid-19. Ia kini sudah dinyatakan negatif Corona dan kembali pulang ke rumah setelah sempat menjalani perawatan di rumah sakit.

"Saya Iis Sugianto, saya terkena Covid kira-kira dua minggu lalu dan sampai sekarang saya masih dirawat," katanya dalam video yang diunggah di akun Instagramnya pada 11 September 2020. 

Video itu diambil saat ia dinyatakan positif dan tengah berjuang hidup dan mati di sebuah rumah sakit rujukan Corona dan harapannya agar didoakan bisa melewati penyakit ini. Video juga memperlihatkan suasana penanganan kamar pasien, dan setelah ia kembali ke rumah.  

"Kita tahu wabah Covid-19 ini makin merajalela, banyak korban jiwa dan yang terkena virus ini, termasuk SAYA, tetapi Alhamdulillah saya sudah sembuh dan hasil swab saya sekarang sudah NEGATIF, sekarang saya sudah mulai bisa beraktivitas kembali dengan tim saya di rumah," tulis dia pada keterangan unggahannya itu dikutip dari Tempo.

Iis pun mengucap syukur lantaran penyakitnya sudah diangkat. Ia juga mengungkapkan terima kasihnya kepada para tenaga kesehatan yang merawatnya hingga sembuh. "Terima kasih Team Dokter, suster-suster yang merawat saya dengan sangat baik dan sabar," tulisnya. 

Dalam video itu, Iis menjelaskan kepada netizen rasa takut saat dinyatakan positif Covid-19. "Seolah-olah mereka tidak akan bisa bertahan dan tidak akan menikmati hidup lagi, tapi sesungguhnya tidaklah demikian karena saya pasien Covid-19 dan saya bisa melampaui itu dan saya sudah dinyatakan negatif, sekarang adalah hari kesepuluh saya di rumah dan sudah melakukan kegiatan kecil di rumah," ujarnya.

6. Piet Pagau

Aktor senior Piet Pagau juga dinyatakan  positif Covid-19. Ia menjalani isolasi di Rumah Sakit Hermina Galaxy, Bekasi sejak 3 September 2020. 

Paman Raffi Ahmad itu menyebut dirinya sebagai golongan pasien OTG atau orang tanpa gejala. Hingga saat ini dia masih menjalani perawatan. 


 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

artis Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top