Ammar Zoni dan anaknya
Entertainment

Ini Arti Nama 1453 dari Anak Pasangan Irish Bella dan Ammar Zoni

Mia Chitra Dinisari
Senin, 21 September 2020 - 14:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pasangan selebriti Irish Bella dan Ammar Zoni baru saja kedatangan anak pertama mereka yang lahir pada 18 September 2020 lalu.

Keduanya menamakan bayi berjenis kelamin laki-laki itu Air Rumi Akbar 1453.

Nama yang unik dan tidak biasa. Bahkan mungkin pertama kalinya di Indonesia anak diberi nama dengan angka.

Air, nama panggilan bayi laki-laki mereka, lahir pukul 5.34 pagi, dengan berat 3,4 kilogram dan panjang 48 sentimeter.

Ammar menjelaskan jika arti kata 1453 itu karena dia terinspirasi pemimpin Muhammad Al Fatih yang menaklukkan kota Konstantinopel pada 1453. Dia ingin kelak anak laki-lakinya bisa jadi pemimpin yang baik.

Muhammad al-Fatih merupakan penguasa Utsmani ketujuh dan berkuasa pada 1444 – 1446 dan 1451 – 1481. Capaiannya yang paling dikenal luas adalah penaklukan Konstantinopel pada tahun 1453 yang mengakhiri riwayat Kekaisaran Romawi Timur, menjadikannya mendapat julukan 'Sang Penakluk' . 

Dia dikenal sebagai pemimpin yang cakap dan mempunyai kepakaran dalam bidang kemiliteran, ilmu pengetahuan, matematika, dan menguasai enam bahasa saat berumur 21 tahun. Dia dikenal sebagai pahlawan di Turki maupun dunia Islam secara luas. Dalam sejarah Islam, Muhammad al-Fatih dikenal sebagai salah seorang pemimpin yang hebat sebagaimana Sultan Shalahuddin Al-Ayyubi (pahlawan Islam dalam perang Salib) dan Sultan Saifuddin Mahmud Al-Qutuz (pahlawan Islam dalam peperangan di 'Ain Al-Jalut melawan tentara Mongol).

Di pemerintahan, dia lebih memilih para pejabat tinggi dari latar belakang devsirme daripada mereka yang berasal dari keluarga bangsawan, menjadikan kendali negara benar-benar terpusat pada sultan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro