Ilustrasi/Canmua
Health

7 Cara Hilangkan Stres Dari Jam Kerja yang Melelahkan

Desyinta Nuraini
Rabu, 7 Oktober 2020 - 13:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jam kerja yang intens dapat melelahkan bagi pikiran dan tubuh. Stres kerja dan kelelahan merupakan salah satu masalah dan tantangan utama yang dihadapi di setiap lini profesi.

Tidak semua orang mampu mengatasi tekanan dan kecemasan terkait pekerjaan ini. Namun, berikut adalah 7 cara untuk menghilangkan stres diri dari jam kerja yang melelahkan.

1. Pergi ke alam

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan, untuk menghilangkan stres, pertama-tama melepaskan diri Anda dari pekerjaan yang menyebabkan kelelahan tersebut.

Coba lah ambil waktu untuk beristirahat, rekreasi, dan memanjakan diri dalam kegiatan di luar ruangan. Mungkin berjalan-jalan ke alam atau berjalan-jalan ke taman akan memulihkan kesehatan fisik dan mental Anda.

2. Berkomunikasi dengan keluarga

Meskipun Anda selalu sibuk dalam pekerjaan dan memanjakan diri dalam mencapai target, Anda mungkin merasa getir dan kesal. Saat itulah Anda perlu berkomunikasi dengan keluarga dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan mereka.

Lagi pula, pada akhirnya, keluarga adalah satu-satunya yang mendukung setiap saat dan akan membantu Anda melewati setiap kesulitan.

3. Bertemu teman

Selain keluarga, teman adalah berkah terbesar dalam hidup seseorang. Ketika merasa sangat lelah setelah seharian bekerja, Anda selalu dapat bersantai dan bersantai bersama teman-teman baik.

Makan malam yang menyenangkan atau sekedar bermain atau bahkan menginap mungkin berhasil menghilangkan stres. Ini adalah waktu ketika Anda bisa melepaskan beban kerja dari bahu Anda.

4. Dengarkan musik favorit

Ketika hidup terasa suram, musik adalah satu hal menyenangkan yang dapat mengubah keadaan. Itu tidak hanya dapat meningkatkan indra tetapi juga membawa kembali ke dalam diri Anda.

Tidak peduli seberapa buruk hari Anda, mendengarkan musik yang bagus dan menarik membantu Anda meningkatkan semangat dan bangkit menuju hari esok yang lebih baik.

5. Lakukan aktivitas santai

Selain menjadi diri dan pekerjaan, mungkin ada banyak hal yang ingin Anda lakukan. Inilah saatnya.

Meskipun bekerja seperti mesin selama berjam-jam dapat membuat segalanya tampak membosankan dan monoton, Anda dapat melukis sedikit warna dalam hidup  dengan melakukan aktivitas santai, sesuatu yang selalu ingin Anda lakukan.

6. Masak dan makan sehat

Jangan kompromi dengan kesehatan dan diet Anda. Kadang-kadang, stres dan kelelahan akibat kerja cenderung membuat Anda kehilangan nafsu makan, yang selanjutnya memengaruhi pikiran dan tubuh Anda.

Oleh karena itu, Anda harus makan sehat dan mungkin memasak makanan enak untuk diri sendiri, hanya untuk mengalihkan pikiran dari pekerjaan Anda.

7. Tidur untuk memulihkan diri

Terkadang, kelelahan dapat menyebabkan insomnia, pada gilirannya memengaruhi kesehatan Anda. Istirahat adalah kunci gaya hidup sehat dan jika Anda menghindarinya karena pekerjaan, Anda akan selalu merasa lelah dan putus asa.

Oleh karena itu, istirahatlah dan tidurlah. Jangan mengaburkan pikiran Anda dengan pikiran yang tidak perlu dan temukan kedamaian dalam kenyamanan tidur nyenyak. Anda akan terkejut betapa efektifnya itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro