Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Trik Jitu Ajari Anak Pakai Masker, Gampang Kok!

Jika buah hati Anda sulit untuk pakai masker, simak cara mengajari anak mengenakan masker agar terlindungi dari paparan Covid-19 berikut ini.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 08 Oktober 2020  |  16:49 WIB
Tata cara memakai masker baik dan benar -  Freepik
Tata cara memakai masker baik dan benar - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pandemi Covid-19 ini, pemakaian masker sangatlah penting, baik orang dewasa maupun anak-anak.

Tetapi, beberapa orang tua sering mengeluhkan jika susah membujuk anaknya untuk memakai masker. Tenang, berikut ini tips dan triknya.

Dokter spesialis kesehatan RS Santa Clara, Madiun, Jawa Timur, dr Rony Tamba mengatakan pemakaian masker kepada anak susah-susah gampang.

Meskipun begitu, dengan membujuk anak secara menyenangkan ini, pastinya lebih mudah mengajari si kecil pakai masker.

"Anak-anak kadang menolak dan kadang tidak betah [pakai masker]. Kadang kala tangannya latah. Nah, ini kita harus mengajarkan memakai masker tanpa harus anak tolak terus menerus. Padahal masker bagi anak itu penting, tapi di bawah tiga tahun itu rumit. Tetapi kalau kita ajarkan terus menerus pasti bisa," ujar Rony dalam video berjudul Ayo, Ajak dan Ajari Anak Memakai Masker di kanal Youtube Anak Sehat dan Berkualitas, Kamis (16/4/2020).

Perlu orang tua ingat, pemakaian masker kepada anak-anak juga perlu pengawasan. Takutnya, si kecil justru memegang masker dan wajahnya yang bisa saja terdapat virus pada area tersebut.

Oleh karena itu, perlu cara khusus yang fun agar anak mau pakai masker. Berikut ini cara-caranya.

1. Kasih Penjelasan

Cara pertama untuk mengajari anak pakai masker adalah dengan penjelasan. Sebagai orang tua, Anda harus mempunyai waktu untuk mengobrol tentang Covid-19 dengan si kecil.

Bicarakan tentang apa yang terjadi saat ini. Gunakanlah bahasa sehari-hari mereka, misalnya "Sekarang ini lagi banyak virus Dik yang bisa bikin batuk, uhuk-uhuk'.

2. Berikan Contoh

Sebagai orang tua juga harus memberikan contoh kepada si kecil. Sebelum anak pakai masker, pastikan Anda juga mengenakan masker. Kalau bisa, ajak anak untuk bercermin agar mengetahui penampilannya saat memakai masker.

3. Masker Karakter

Anda bisa mencoba mencari masker kain yang menjadi corak favorit anak. Hal ini tentunya akan menambah semangat si kecil dalam memakai masker.

4. Kreasi Masker Sendiri

Kalau Anda mempunyai banyak waktu luang, buatlah masker sendiri sesuai dengan keinginan anak.

5. Biasakan Pakai Masker dalam Rumah

Cara terakhir mengajari anak pakai masker adalah membiasakan si kecil untuk menggunakan masker dalam rumah. Hal ini bertujuan agar anak mulai terbiasa dengan penggunaan masker sehingga tidak gampang bosan dan mencopot masker.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak-anak Virus Corona masker Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top