Kanker usus besar./UGM
Health

Simak 5 Makanan Pencegah Kanker Usus

Novita Sari Simamora
Senin, 12 Oktober 2020 - 06:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker menyebabkan angka kematian yang tinggi di beberapa negara. Kanker bisa dicegah dengan menciptakan gaya hidup konsumsi yang sehat.

Produk olahan susu bisa menurunkan risiko penyakit kanker usus hingga 19 persen. Mengutip dari Times of India, Senin (12/10/2020), berikut lima makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi risiko kanker usus:

1. Yoghurt

Yoghurt kaya akan probiotik, yang menjaga bakteri baik dan bermanfaat di usus Anda tetap sehat. Ini memastikan pencernaan yang efisien, yang pada akhirnya mengurangi risiko peradangan atau bahkan kanker.

2. Bayam

Menurut penelitian terbaru, bayam merupakan sumber magnesium yang baik yang secara khusus mengurangi risiko kanker usus. ½ cangkir bayam mengandung 78 mg magnesium. Bayam juga kaya akan banyak nutrisi lain, termasuk serat, yang meningkatkan pencernaan.

3. Buah-buahan

Buah-buahan tertentu seperti pisang, mangga, pepaya, dll sangat kaya akan serat makanan. Serat sangat membantu pencernaan dan makanan berserat tinggi juga mengatur kadar gula darah agar tetap terkendali. Serat mencegah kadar gula naik terlalu tinggi pada titik waktu tertentu.

4. Almond

Almond adalah salah satu pilihan sehat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, mereka juga menjaga kesehatan usus. Kaya magnesium dan serat, almond membantu pencernaan makanan aktif. Makanan kaya vitamin ini meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti rajma atau chana kaya serat yang membantu pencernaan yang sehat. Namun, sebaiknya hindari kari yang berat dengan legum seperti itu. Menambahkannya ke sandwich, salad, dll. Bisa bermanfaat dan juga enak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro