Sel virus corona
Health

Hati-hati, Terinfeksi Ulang Covid-19 Dampaknya Bisa Lebih Parah

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 13 Oktober 2020 - 07:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pasien Covid-19 mungkin mengalami gejala yang lebih parah jika terinfeksi ulang virus corona ini, menurut penelitian yang dirilis pada hari Selasa (13 Oktober).

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Infectious Diseases memetakan kasus infeksi ulang COVID-19 pertama yang dikonfirmasi di Amerika Serikat, negara yang paling parah terkena pandemi dan menunjukkan bahwa paparan virus mungkin tidak menjamin kekebalan di masa depan.

Pasien, seorang pria Nevada berusia 25 tahun, terinfeksi dengan dua varian SARS-CoV-2 yang berbeda, virus yang menyebabkan COVID-19, dalam jangka waktu 48 hari.

Infeksi kedua lebih parah daripada yang pertama, mengakibatkan pasien dirawat di rumah sakit dengan bantuan oksigen.

Makalah itu mencatat empat kasus infeksi ulang lainnya yang dikonfirmasi secara global, dengan masing-masing satu pasien di Belgia, Belanda, Hong Kong dan Ekuador.

Para ahli mengatakan kemungkinan infeksi ulang dapat berdampak besar pada bagaimana dunia berjuang melalui pandemi.

Secara khusus, ini dapat mempengaruhi perburuan vaksin saat ini.

"Kemungkinan infeksi ulang dapat memiliki implikasi signifikan bagi pemahaman kita tentang kekebalan Covid-19, terutama dengan tidak adanya vaksin yang efektif," kata Mark Pandori, dari Laboratorium Kesehatan Masyarakat Negara Bagian Nevada dan penulis utama studi dilansir dari CNA.

"Kami membutuhkan lebih banyak penelitian untuk memahami berapa lama kekebalan dapat bertahan bagi orang yang terpapar SARS-CoV-2 dan mengapa beberapa dari infeksi kedua ini, meski jarang, muncul sebagai lebih parah."

Vaksin bekerja dengan memicu respons kekebalan alami tubuh terhadap patogen tertentu, mempersenjatai dengan antibodi untuk melawan gelombang infeksi di masa depan.

Tetapi sama sekali tidak jelas berapa lama antibodi COVID-19 bertahan.

Untuk beberapa penyakit, seperti campak, infeksi memberikan kekebalan seumur hidup. Untuk patogen lain, kekebalan mungkin cepat berlalu.

Para penulis mengatakan pasien AS bisa saja terpapar virus dalam dosis sangat tinggi untuk kedua kalinya, memicu reaksi yang lebih akut. Atau, itu mungkin jenis virus yang lebih ganas.

Hipotesis lain adalah mekanisme yang dikenal sebagai peningkatan ketergantungan antibodi - yaitu, ketika antibodi benar-benar memperburuk infeksi berikutnya, seperti demam berdarah.

Para peneliti menunjukkan bahwa infeksi ulang dalam bentuk apa pun tetap langka, dengan hanya segelintir kasus yang dikonfirmasi dari puluhan juta infeksi COVID-19 secara global.

Namun, karena banyak kasus tidak menunjukkan gejala dan oleh karena itu tidak mungkin dites positif pada awalnya, mungkin tidak mungkin untuk mengetahui apakah kasus COVID-19 tertentu adalah infeksi pertama atau kedua.

Dalam komentar terkait dengan makalah The Lancet, Akiko Iwasaka, seorang profesor Imunobiologi dan Biologi Molekuler, Seluler dan Perkembangan di Universitas Yale, mengatakan bahwa temuan tersebut dapat memengaruhi langkah-langkah kesehatan masyarakat.

"Dengan semakin banyaknya kasus infeksi ulang yang muncul, komunitas ilmiah akan memiliki kesempatan untuk lebih memahami korelasi perlindungan dan seberapa sering infeksi alami dengan SARS-CoV-2 menyebabkan tingkat kekebalan itu," katanya.

"Informasi ini adalah kunci untuk memahami vaksin mana yang mampu melewati ambang itu untuk memberikan kekebalan individu dan kelompok," tambah Iwasaka, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro