llustrasi/Louis Vuitton
Health

Mikro Droplet Bisa Tularkan Covid-19, Gunakan Face Shield Saja Tidak Cukup!

Saeno
Selasa, 20 Oktober 2020 - 13:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi kesehatan dunia, WHO, menegaskan bahwa penularan virus Corona tidak hanya terjadi melalui droplet atau percikan liur, melainkan juga dari mikro droplet.

Mikro droplet merupakan ukuran droplet yang lebih kecil dari droplet dan dapat berada di udara untuk waktu relatif lama. Terlebih pada ruangan dengan ventilasi dan sirkulasi udara yang tidak maksimal.

“Kita bisa menyederhanakan dengan mengambil contoh misalnya asap rokok dalam satu ruangan tertutup yang sirkulasi udaranya tidak bagus maka asap rokok ini akan tahan lama,” kata Achmad Yurianto, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, saat menjadi juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 , Minggu (12/7/2020).

Pada kasus asap rokok, ujar Yuri, masyarakat yang menggunakan face shield atau pelindung wajah tanpa menggunakan masker pasti akan mencium bau asap rokok. Hal itu bisa menggambarkan bagaimana mikrodroplet dari Covid-19.

Penggunaan masker, kata Yuri, mutlak dilakukan masyarakat. Sementara pelindung wajah hanya dapat melindungi seseorang dari droplet dengan ukuran besar.

“Kami menyarankan kepada saudara sekalian gunakan masker, lebih baik kalau memang bisa ditambah dengan face shield. Tetapi menggunakan face shield saja tanpa menggunakan masker tidak akan memberikan perlindungan yang maksimal,” ujarnya.

Seperti diketahui, untuk mencegah meluasnya penularan Covid-19, pemerintah menganjurkan masyarakat menggalakkan gerakan 3M.

Gerakan 3 M meliputi kepatuhan untuk menjaga jarak, mencuci tangan dengan air dan sabun, serta menggunakan masker.

Epidemiolog UI Pandu Riono menyebutkan saat ini penggunaan masker menjadi "vaksin" yang sesungguhnya, di saat vaksin Covid-19 belum ada di dunia.

Sementara belakangan kerap terlihat di televisi, pengisi acara hanya menggunakan pelindung wajah atau face shield tanpa menggunakan masker.

Semoga hal ini tidak lantas diikuti masyarakat di seluruh Indonesia yang menganggap menggunakan face shield cukup untuk melindungi diri dari penularan Covid-19.

Selain perlu menggunakan masker, masyarakat juga tidak boleh lupa menjaga jarak serta mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Untuk diketahui, virus akan mati jika terkena deterjen.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro