Masker N95
Health

CDC Keluarkan Pedoman Wajib Pakai Masker di Angkutan Umum

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 21 Oktober 2020 - 08:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah mengeluarkan panduan baru tentang penggunaan masker wajah untuk angkutan umum, mendesak penumpang dan pekerja untuk mengenakan penutup wajah selama seluruh perjalanan perjalanan dalam memerangi Covid-19.

CDC membagikan pembaruan pada hari Senin, menasihati orang-orang yang bepergian melalui udara, laut dan darat, serta pejabat dan anggota kru yang mengoperasikan transportasi, untuk mengenakan masker untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona.

?“Bepergian dengan kendaraan umum meningkatkan risiko seseorang tertular dan menyebarkan COVID-19 dengan mendekatkan orang-orang dengan orang lain, seringkali untuk waktu yang lama, dan memaparkan mereka ke permukaan yang sering disentuh,” lembaga kesehatan masyarakat tersebut menjelaskan dilansir dari Foxnews.

“Mengingat bagaimana kebanyakan sistem transportasi saling berhubungan di seluruh bangsa dan dunia, penularan lokal dapat berkembang dengan cepat menjadi penularan antarnegara bagian dan internasional ketika orang yang terinfeksi bepergian dengan alat angkut umum tanpa memakai masker dan dengan orang lain yang tidak memakai masker.” tambah pernyataan itu lagi.

?Dengan demikian, CDC "sangat menyarankan" bahwa "masker yang sesuai" dikenakan oleh semua penumpang dan personel di angkutan umum, seperti "pesawat terbang, kapal, feri, kereta api, kereta bawah tanah, bus, taksi, angkutan umum." Untuk itu, masyarakat yang melewati atau bekerja di hub transit seperti “bandara, terminal bus atau feri, stasiun kereta, pelabuhan” juga disarankan untuk menutup mulut dan hidungnya dengan masker.

Lebih lanjut, CDC menekan operator angkutan untuk "menolak naik" kepada siapa pun yang menolak untuk memakai masker "selama perjalanan," di luar pengecualian untuk makan atau minum sebentar, memverifikasi identitas seseorang kepada pihak berwenang, seperti TSA, atau jika sebaliknya tidak berdaya.

CDC juga menambahkan bahwa pengecualian untuk panduan masker wajah penumpang harus dibuat untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun, serta mereka yang dibebaskan dari penggunaan masker karena alasan medis.

TravelPulse melaporkan bahwa CDC awalnya mengajukan perintah yang mewajibkan semua penumpang dan personel di angkutan umum untuk memakai masker wajah, dalam sebuah saran yang akhirnya ditolak oleh Gedung Putih.

Rekomendasi terbaru CDC mengikuti permintaan dari Wakil Presiden Mike Pence kepada Direktur CDC Robert Redfield, dan selanjutnya memberdayakan maskapai penerbangan komersial untuk menegakkan kebijakan pemakaian masker selama transit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro