Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Berapa Jumlah Langkah per Hari Untuk Turunkan Berat Badan?

Pekerja kantoran memiliki lingkar pinggang yang lebih besar dibandingkan pekerja jasa lain yang mengharuskan aktivitas di luar ruangan.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 22 Oktober 2020  |  11:23 WIB
Berjalan kaki - istimewa
Berjalan kaki - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian orang merasa dengan berjalan sebanyak 10.000 langkah sehari maka bisa menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan melakukan aktivitas berjalan setiap hari, maka penghitungan langkah per hari harus dilakukan. Mengutip dari Times of India, Kamis (22/10/2020), berikut informasi penting terkait jumlah langkah per hari untuk menurunkan berat badan:

Jumlah langkah yang perlu Anda jalani untuk menurunkan berat badan

Nah, sebuah penelitian baru telah menetapkan bahwa seseorang harus berjalan kaki minimal 15.000 langkah untuk menurunkan berat badan. 

Menurut sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam The International Journal of Obesity, 15.000 langkah adalah jumlah langkah akurat yang harus Anda jalani setiap hari untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan.

Studi tersebut membandingkan kehidupan pekerja kantor yang tidak banyak bergerak dengan para pembawa surat dan menemukan bahwa pekerja pos yang berjalan 15.000 langkah setiap hari sesuai dengan tuntutan pekerjaan mereka, memiliki indeks massa tubuh yang normal, pengukuran lingkar pinggang dan profil metabolisme. Orang-orang ini juga memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Bagaimana cara memastikan Anda berjalan cukup langkah setiap hari?

Pastikan target minimum Anda mendekati 15.000 langkah setiap hari, yang sama dengan 2 jam jalan cepat. Jika Anda tidak bisa berjalan selama dua jam sekaligus, maka Anda bisa membaginya menjadi  4 bagian masing-masing 30 menit.

Saat bangun tidur, Anda bisa berjalan langsung melakukan aktivitas berjalan. Lalu, Anda juga bisa mencobanya kembali sebelum makan siang, setelah makan siang dan setelah makan malam.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk tetap berjalan adalah bangun lebih sering dari meja Anda dan berkeliling rumah Anda atau mungkin hanya menaiki dua anak tangga di sela-sela jam kerja.

Berjalan 15.000 langkah setiap hari akan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan meningkatkan metabolisme Anda, yang pada akhirnya akan membantu Anda mengurangi berat badan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan olahraga berat badan
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top