Ilustrasi-Sakit jantung
Fashion

Ini Bahayanya Takut Kontrol ke Rumah Sakit

Krizia Putri Kinanti
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 16:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dilema yang melanda saat pandemi memang banyak sekali, salah satunya adalah ingin kontrol kesehatan ke rumah sakit tetapi takut terinfeksi Covid-19. Terlebih jika memiliki penyakit kronis yang membuat daya tahan tubuh lemah.

Ada beberapa penyakit kronis yang membuat daya tahan tubuh lemah yakni diabetes mellitus, gagal ginjal, kanker, penyakit autoimun, HIV AIDS, penyakit jantung, penyakit paru dan usia tua.

Dokter spesialis penyakit dalam, Decsa Medika mengatakan bahwa banyak orang dengan penyakit kronis, takut pergi berobat apalagi ke rumah sakit, sebetulnya ada beberapa bahaya yang mengintai.

"Tidak kontrol maka dokter tidak dapat memonitor penyakitnya, adanya penundaan terhadap penanganan awal suatu penyakit, mengakibatkan kesakitan atau kematian, persediaan obat kronis di rumah yang habis sehingga memperburuk kondisi sakitnya dan abai terhadap kepatuhan minum obat dan gaya hidup sehat, penyakit bisa tambah berat," katanya dikutip Decs Konsul dari Instagram @dokterdecsa, Sabtu (24/10/2020).

Dampak yang ditimbulkan dari dilema ini adalah perburukkan penyakit kronis, kemungkinan terpapar Covid-19. Sehingga ada beberapa hal yang harus dilakukan yakni dengan tetap melanjutkan pengobatan yang biasa diminum, memastikan supply obat selama 30 hari terpenuhi, telpon RS yang menyediakan jasa teleconference atau gunakan aplikasi telemedicine dan jangan tunda ke rumah sakit jika memang ada gejala yang mengkhawatirkan.

"Pastikan tetap sehat dengan melakukan pola hidup sehat yakni tetap aktif, kelola stress dengan baik, tidur yang cukup, tetap menjalankan protokol kesehatan dan jika ada masalah kesehatan serius jangan ragu untuk ke rumah sakit," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro