Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Bahayanya Takut Kontrol ke Rumah Sakit

Ada beberapa penyakit kronis yang membuat daya tahan tubuh lemah yakni diabetes mellitus, gagal ginjal, kanker, penyakit autoimun, HIV AIDS, penyakit jantung, penyakit paru dan usia tua.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 24 Oktober 2020  |  16:36 WIB
Ilustrasi/Sakit jantung
Ilustrasi/Sakit jantung

Bisnis.com, JAKARTA - Dilema yang melanda saat pandemi memang banyak sekali, salah satunya adalah ingin kontrol kesehatan ke rumah sakit tetapi takut terinfeksi Covid-19. Terlebih jika memiliki penyakit kronis yang membuat daya tahan tubuh lemah.

Ada beberapa penyakit kronis yang membuat daya tahan tubuh lemah yakni diabetes mellitus, gagal ginjal, kanker, penyakit autoimun, HIV AIDS, penyakit jantung, penyakit paru dan usia tua.

Dokter spesialis penyakit dalam, Decsa Medika mengatakan bahwa banyak orang dengan penyakit kronis, takut pergi berobat apalagi ke rumah sakit, sebetulnya ada beberapa bahaya yang mengintai.

"Tidak kontrol maka dokter tidak dapat memonitor penyakitnya, adanya penundaan terhadap penanganan awal suatu penyakit, mengakibatkan kesakitan atau kematian, persediaan obat kronis di rumah yang habis sehingga memperburuk kondisi sakitnya dan abai terhadap kepatuhan minum obat dan gaya hidup sehat, penyakit bisa tambah berat," katanya dikutip Decs Konsul dari Instagram @dokterdecsa, Sabtu (24/10/2020).

Dampak yang ditimbulkan dari dilema ini adalah perburukkan penyakit kronis, kemungkinan terpapar Covid-19. Sehingga ada beberapa hal yang harus dilakukan yakni dengan tetap melanjutkan pengobatan yang biasa diminum, memastikan supply obat selama 30 hari terpenuhi, telpon RS yang menyediakan jasa teleconference atau gunakan aplikasi telemedicine dan jangan tunda ke rumah sakit jika memang ada gejala yang mengkhawatirkan.

"Pastikan tetap sehat dengan melakukan pola hidup sehat yakni tetap aktif, kelola stress dengan baik, tidur yang cukup, tetap menjalankan protokol kesehatan dan jika ada masalah kesehatan serius jangan ragu untuk ke rumah sakit," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rumah sakit
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top