Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kenali Gejala Virus Corona dari Kotoran Manusia

Sampel kotoran manusia ini dikumpulkan di daerah San Francisco Bay Area, untuk mendeteksi virus corona (Covid-19).
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 30 Oktober 2020  |  16:20 WIB
Sel virus corona
Sel virus corona

Bisnis.com, JAKARTA – Peneliti dari University of California (UC) di Berkeley Amerika Serikat telah mengumpulkan sampel kotoran manusia untuk menentukan daerah ‘hotspot’ dimana virus corona  (Covid-19) paling umum ditemukan.

"Jika bisa mengumpulkan sampel yang mewakili dan menganalisanya [kotoran], Anda bisa mengumpulkan banyak informasi," ungkap pemimpin penelitian Kara Nelson, profesor teknik sipil dan lingkungan di UC Berkeley dikutip dari Fox News pada Jumat (30/10/2020).

Bukti dari infeksi Covid-19 seringkali muncul dalam sampel limbah. Lalu peneliti memutuskan mencari sample dari selokan akan lebih efisien daripada pergi dari pintu ke pintu untuk meminta sampel dari penduduk.

Sampel kotoran manusia ini dikumpulkan di daerah San Francisco Bay Area. Air limbah di selokan secara alami terkumpul dari ratusan hingga jutaan orang dalam satu sampel.

Badan-badan air limbah dari tiga kabupaten Bay Area membantu proyek tersebut dengan mengharapkan kabupaten keempat segera bergabung.

Sampel dikumpulkan di gudang saluran pembuangan di mana limbah dari beberapa saluran pembuangan berkumpul dalam satu stasiun pengolahan.

Sampel dapat mencakup limbah dari beberapa ribu hingga ratusan ribu penduduk ungkap ilmuwan ini.

Kemudian DNA dalam sampel ini diperiksa untuk menentukan keberadaan virus corona, dengan bantuan dari Departemen Molekuler dan Biologi Sel UC Berkeley dalam prosesnya.

Tim UC Berkeley berharap dapat membagikan metode dan informasinya dengan bagian lain AS untuk membantu mereka mempelajari tingkat infeksi di wilayah tersebut ungkap Nelson.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Gejala Penyakit Covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top