Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

California Rancang Jalur Distribusi Vaksin Virus Corona

Untuk mempercepat dan memperlancar penyaluran vaksin virus Corona (Covid-19) maka pemerintah California melakukan kampanye dan merancang jalur distribusi.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 17 Oktober 2020  |  23:26 WIB
Calon vaksin virus Corona (Covid-19). - Shutterstock
Calon vaksin virus Corona (Covid-19). - Shutterstock

Bisnis.com, JAKARTA - Vaksin virus corona (Covid-19) membutuhkan suhu di bawah nol dan kini California mulai merancang jalur distribusinya.

California sedang menyiapkan kampanye vaksinasi yang besar dan ini belum pernah dilakukan sebelumnya. Kampanye vaksin ini bertujuan untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19).

Claire Hannan, direktur eksekutif Asosiasi Manajer Imunisasi mengungkapkan bahwa vaksinasi menjadi langkah besar di sepanjang peta jalan Golden State untuk melindungi 40 juta penduduk dari Covid-19, yang menjadi penyakit mematikan di dunia.

Rencana pemberian vaksin di California masih belum dipublikasikan. Pemerintah setempat juga belum menentukan siapa yang akan mendapatkan vaksin pertama, di mana akan didistribusikan, dan bagaimana akan disimpan dan diangkut.

“Ini adalah tugas yang sangat berat untuk negara bagian seukuran California. Vaksin itu ke banyak lembaga dan kelompok penyedia layanan kesehatan, agar dapat diakses semua masyarakat,” kata Claire Hannan seperti dikutip dari The Mercury News, Sabtu (17/10/2020).

California telah mengantongi dana sekitar US$28 juta untuk perencanaan vaksin Covid-19 dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S.

Vaksin virus corona diperkirakan tidak akan ada hingga akhir November atau Desember 2020. Seandainya vaksin tersebut tersedia pada akhir tahun, maka jumlah tersebut kemungkinan tidak akan cukup untuk masyarakat umum.

Dia mengungkapkan California tidak dapat menunggu produk jadi untuk menciptakan rencana yang efektif untuk vaksin, sebab vaksin tersebut membutuhkan pendinginan di bawah nol dan sistem distribusi yang kompleks.

Untuk mempersiapkan sistem distribusi yang baik maka , Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS memberi negara bagian batas waktu hari Jumat untuk menggambarkan upaya lokal mereka yang disesuaikan.

Rencana tersebut akan membahas 15 topik berbeda dari satu tempat ke tempat lain, dan CDC membutuhkan waktu untuk mengatur pengawasannya. Virginia dan Colorado menyerahkan rencana mereka awal pekan ini.

“Banyak pekerjaan yang harus dipecahkan. Siapa yang akan mendapatkannya? Dimana mereka akan mendapatkannya? Berapa banyak orang yang dapat Anda vaksinasi dalam sehari? Bagaimana kita akan menyimpannya? Bagaimana kita akan mengangkutnya? ” kata ahli epidemiologi UCSF, George Rutherford.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Virus Corona Vaksin Covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top