Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

llmuwan Sebut Ruam pada Jari Kaki Sebagai Gejala Long Covid

Ben Littlewood-Hillsdon, Kepala Petugas Medis Doctorlink menuturkan bahwa Covid jangka panjang atau long covid bukanlah istilah medis resmi, tetapi istilah sehari-hari yang digunakan untuk menggambarkan orang yang gejalanya berlangsung lebih lama dari periode gejala 2 minggu.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 03 November 2020  |  16:39 WIB
Ruam kaki
Ruam kaki

Bisnis.com, JAKARTA – Kasus virus corona baru masih terus meningkat secara global, ilmuwan terus mempelajari tentang gejala yang ditimbulkan oleh penyakit pandemi ini. Salah satu istilah baru yang muncul adalah long covid, yang gejalanya bisa diidentifikasi melalui jari kaki.

Ben Littlewood-Hillsdon, Kepala Petugas Medis Doctorlink menuturkan bahwa Covid jangka panjang atau long covid bukanlah istilah medis resmi, tetapi istilah sehari-hari yang digunakan untuk menggambarkan orang yang gejalanya berlangsung lebih lama dari periode gejala 2 minggu.

Dilaporkan bahwa salah satu gejala tidak biasa yang termasuk dalam kategori ini adalah jari kaki. Menurut penelitian yang dilakukan oleh International League of Dermatological Societies dan American Academy of Dermatology, apa yang disebut covid toe dapat bertahan selama berbulan-bulan.

Menurut Littlewood-Hillsdon, Covid pada jari kaki umumnya mengacu pada pembengkakan dan perubahan warna yang muncul di jari kaki. Pembengkakan dan perubahan warna ini juga bisa meluas ke satu atau beberapa jari.

“Seiring dengan pembengkakan dan perubahan warna, dilaporkan juga bahwa Covid pada jari kaki dapat menyebabkan lesi ungu dan lecet disertai rasa gatal yang terus-menerus,” katanya seperti dikutip Express UK, Selasa (3/11).

Menurutnya, beberapa pasien juga melaporkan adanya benjolan atau bercak kulit kasar yang menyakitkan. Dia melanjutkan bahwa Covid pada jari kaki ini harusnya akan hilang tanpa pengbatan. Namun, pasien yang melaporkan gejala hingga 10 hari perlu mencari bantuan medis.

Dia mengatakan bahwa dokter mengira hal itu terjadi akibat peradangan, yang dikaitkan dengan virus corona baru. Sebagaimana dilaporkan banyak pasien yang mengalami ruam ketika mereka melawan infeksi virus atau saat dirawat dengan antibiotik.

Namun demikian, Littlewood-Hillsdon mengatakan bahwa akar penyebab dari Covid pada jari kaki masih belum jelas diketahui dan bagaimana kaitannya dengan virus corona baru, apakah itu berkaitan langsung atau tidak.

"Jika pasien telah dites positif Covid-19 dan mengalami ruam pada jari kaki, penting bagi mereka untuk menghubungi tempat praktik dokter umum karena ini akan membantu dokter untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang virus dan gejala terkait yang dapat muncul,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

terluka Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top