Ruam kaki
Health

llmuwan Sebut Ruam pada Jari Kaki Sebagai Gejala Long Covid

Syaiful Millah
Selasa, 3 November 2020 - 16:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kasus virus corona baru masih terus meningkat secara global, ilmuwan terus mempelajari tentang gejala yang ditimbulkan oleh penyakit pandemi ini. Salah satu istilah baru yang muncul adalah long covid, yang gejalanya bisa diidentifikasi melalui jari kaki.

Ben Littlewood-Hillsdon, Kepala Petugas Medis Doctorlink menuturkan bahwa Covid jangka panjang atau long covid bukanlah istilah medis resmi, tetapi istilah sehari-hari yang digunakan untuk menggambarkan orang yang gejalanya berlangsung lebih lama dari periode gejala 2 minggu.

Dilaporkan bahwa salah satu gejala tidak biasa yang termasuk dalam kategori ini adalah jari kaki. Menurut penelitian yang dilakukan oleh International League of Dermatological Societies dan American Academy of Dermatology, apa yang disebut covid toe dapat bertahan selama berbulan-bulan.

Menurut Littlewood-Hillsdon, Covid pada jari kaki umumnya mengacu pada pembengkakan dan perubahan warna yang muncul di jari kaki. Pembengkakan dan perubahan warna ini juga bisa meluas ke satu atau beberapa jari.

“Seiring dengan pembengkakan dan perubahan warna, dilaporkan juga bahwa Covid pada jari kaki dapat menyebabkan lesi ungu dan lecet disertai rasa gatal yang terus-menerus,” katanya seperti dikutip Express UK, Selasa (3/11).

Menurutnya, beberapa pasien juga melaporkan adanya benjolan atau bercak kulit kasar yang menyakitkan. Dia melanjutkan bahwa Covid pada jari kaki ini harusnya akan hilang tanpa pengbatan. Namun, pasien yang melaporkan gejala hingga 10 hari perlu mencari bantuan medis.

Dia mengatakan bahwa dokter mengira hal itu terjadi akibat peradangan, yang dikaitkan dengan virus corona baru. Sebagaimana dilaporkan banyak pasien yang mengalami ruam ketika mereka melawan infeksi virus atau saat dirawat dengan antibiotik.

Namun demikian, Littlewood-Hillsdon mengatakan bahwa akar penyebab dari Covid pada jari kaki masih belum jelas diketahui dan bagaimana kaitannya dengan virus corona baru, apakah itu berkaitan langsung atau tidak.

"Jika pasien telah dites positif Covid-19 dan mengalami ruam pada jari kaki, penting bagi mereka untuk menghubungi tempat praktik dokter umum karena ini akan membantu dokter untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang virus dan gejala terkait yang dapat muncul,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro