Petugas kesehatan memeriksa alat kesehatan di ruang IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran itu siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool
Health

Pandemi Covid-19 Lahirkan Banyak Inovator Bidang Kesehatan

Dewi Andriani
Jumat, 6 November 2020 - 17:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19, berbagai pihak berlomba-lomba membuat sejumlah inovasi dalam upaya mendukung program kesehatan nasional serta meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia.

Inovasi tersebut tak hanya dikembangkan oleh industri berskala besar saja tetapi juga industri kecil dan menengah, termasuk instansi dan juga akademisi yang terus berkarya menghasilkan inovasi terbaik di masa pandemi ini.

Sebagai bentuk apresiasi kepada berbagai pihak yang telah melakukan inovasi di masa pandemic Covid-19 ini, Indonesia Healthcare Forum yang merupakan bagian dari CSR PT IDS Medical Systems Indonesia memberikan penghargaan Indonesia Healthcare Innovation Awards (IHIA) IV/2020. Terdapat 138 inovator dari seluruh Indonesia yang ikut serta dalam ajang pentas IHIA-IV 2020 ini.

Rufi Susanto Regional Managing Director & EVP idsMED mengatakan terdapat lima kategori inovasi yang mendapatkan penghargaan yaitu Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Alat Kesehatan, dan Information And Communication Technology (ICT) Bidang Kesehatan.

“Lewat IHIA-IV 2020, kami ingin berkontribusi dalam upaya percepatan penanggulangan Covid-19 di Indonesia. Karenanya kami mendorong agar inovasi-inovasi yang dikembangkan tak hanya berfokus pada industri berskala besar namun juga yang dilakukan oleh para pelaku industri kecil dan menengah,” ujarnya, Jumat (11/6/2020).

Sementara itu, Ketua Umum IndoHCF, Supriyantoro mengatakan bahwa ajang IHIA-IV 2020 dan rangkaian ilmiahnya merupakan bentuk kontribusi dalam memberikan dukungan kepada pemerintah untuk penanggulangan pandemi Covid-19.

Supriyantoro yakin dengan kolaborasi dan sinergi bersama bisa menjadi sesuatu kekuatan yang bermakna dalam mendukung pembangunan kesehatan khususnya di era pandemic covid-19 saat ini.

Pandemi Covid-19 ini menurutnya tidak menyurutkan inisiatif para inovator di bidang kesehatan, baik pemerintah maupun swasta untuk terus berkarya dan berkreasi. Ajang pentas IHIA-IV 2020 ini diikuti oleh 138 inovator dari seluruh Indonesia.

“Mereka tetap antusias menghadirkan solusi yang inovatif dan aplikatif guna meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia. Ini pula yang mendorong kami tetap menggelar ajang IHIA IV-2020 meski secara virtual,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro