Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Beri Perlindungan dari Virus Corona, Simak Manfaat Masker Kain

CDC menyimpulkan bahwa masker kain berfungsi sebagai perisai untuk melindungi dari virus corona (Covid-19).
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 12 November 2020  |  10:32 WIB
Masker N95
Masker N95

Bisnis.com, JAKARTA -  Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyebut masker kain sangat efektif memberikan perlindungan dua arah, baik untuk pemakainya dan orang lain dari virus corona.

Sebelumnya, CDC telah menekankan peran kain masker wajah dalam memblokir pelepasan partikel virus yang menular saat pemakainya batuk, bersin atau berbicara, sehingga melindungi orang lain dari seseorang yang mengidap Covid-19.

Tapi minggu ini, CDC memperbarui pedomannya dan mengatakan bahwa masker kain juga memberikan penyaringan untuk perlindungan pribadi, yang berarti masker tersebut dapat menyaring tetesan yang berpotensi menular dari udara, dan dengan demikian melindungi pemakainya.

Melansir dari Live Science, Kamis (12/11/2020), CDC mencatat bahwa keefektifan masker kain pada partikel penyaringan sangat bervariasi di seluruh penelitian, tetapi masker dengan banyak lapisan kain dan jumlah benang yang lebih tinggi menunjukkan perlindungan yang lebih baik dibandingkan dengan masker yang memiliki satu lapisan dan jumlah benang yang rendah.

CDC menyebut dalam beberapa kasus, masker kain telah terbukti menyaring hampir 50 persen partikel yang sangat kecil (kurang dari 1 mikron) dari udara. Tetesan halus, juga dikenal sebagai aerosol, tidak lebih besar dari 10 mikron dan dilepaskan saat orang berbicara, berpotensi membawa partikel infeksius.

Dalam panduan baru, CDC mengutip banyak penelitian yang menunjukkan manfaat dua arah dari masker. Misalnya, dalam sebuah studi tentang wabah Covid-19 di kapal induk USS Theodore Roosevelt, penggunaan masker wajah di dalam pesawat dikaitkan dengan pengurangan risiko infeksi sebesar 70 persen. Selain itu, beberapa penelitian telah menemukan bahwa mandat negara bagian dan lokal untuk mengenakan masker di depan umum terkait dengan pengurangan kasus baru yang signifikan.

CDC menyimpulkan bahwa manfaat keseluruhan dari penggunaan masker meningkat karena lebih banyak orang di komunitas yang memakai masker.

"Mengadopsi kebijakan penyamaran universal dapat membantu mencegah penguncian di masa depan, terutama jika dikombinasikan dengan intervensi non-farmasi lainnya seperti jarak sosial, kebersihan tangan dan ventilasi yang memadai," tulis CDC.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona masker Covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top