Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Tips Mengajak Anak Menggunakan Masker

Masker menjadi perisai utama selama pandemi virus corona (Covid-19). Setiap orang dewasa dan anak-anak wajib mengadopsi kebiasaan baru selama pandemi.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 06 November 2020  |  08:59 WIB
Dua orang anak menggunakan masker pelindung wajah saat bermain di depan mural bertema Covid-19 di Jakarta, Senin (27/7/2020). - Antara\\n\\n
Dua orang anak menggunakan masker pelindung wajah saat bermain di depan mural bertema Covid-19 di Jakarta, Senin (27/7/2020). - Antara\\n\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) yang  belum berakhir membuat orangtua harus semakin disiplin mengajak anak menggunakan masker.

Dibutuhkan strategi untuk mengajak anak konsisten mengenakan masker saat keluar rumah. Mengutip dari CNN Health, Kamis (6/11/2020) dokter, psikolog, dan orang tua memberikan strategi terbaik mereka agar anak-anak kecil memakai masker dan tetap menggunakannya:

1. Berikan anak waktu

Setiap anak memiliki daya tangkap yang berbeda, maka Anda perlu meluangkan waktu untuk memikirkan bagaimana cara masing-masing anak menggunakan masker.

2. Jelaskan ada apa

Sebaiknya, orang tua dan orang dewasa lainnya bisa memberikan penjelasan kepada anak tentang bahaya virus corona (Covid-19) serta pencegahan. Pencegahan infeksi virus bisa dilakukan dengan melakukan 3M.

Gerakan 3 M yang sedang digadang-gadang oleh pemerintah adalah mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak dan menggunakan masker.

3. Berikan masker bergambar

Cara lain untuk membuat anak-anak senang saat menggunakan masker adalah membelikan atau membuat masker bergambar. Izinkan anak Anda memilih warna dan gambar masker kesukaannya.

4. Berlatih, berlatih, berlatih

Setelah orang tua mengajak anak-anak menggunakan masker, maka ada baiknya orang tua juga menjadi contoh adaptasi kebiasaan baru, dengan begitu, anak akan terbiasa menggunakan masker.

5. Berkomunikasi berulang kali

Komunikasikan manfaat masker saat pandemi secara berulang-ulang kepada anak. Pengulangan adalah kunci untuk memastikan kepatuhan dengan adaptasi baru. Lakukan pengulangan menggunakan masker kepada anak tanpa cerewet.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak Virus Corona masker Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top