Ilustrasi batuk/istimewa
Health

CDC Perbarui Daftar Efek Samping dari Virus Corona Jangka Panjang

Syaiful Millah
Senin, 16 November 2020 - 11:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Center for Disease Control and Prevention (CDC) telah memperbarui daftar gejala jangka panjang dari penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona baru.

Gejala Covid-19 pada setiap orang berbeda-beda. Selain tingkat keparahan virus yang beragam, berbagai gejala yang berbeda telah dilaporkan. CDC telah mempelajari lebih lanjut tentang efek kesehatan jangka panjang terkait penyakit pandemi ini.

Dalam pernyataannya, lembaga itu mengatakan telah mempelajari banyak organ selain paru-paru yang dipengaruhi oleh virus dan ada banyak cara infeksi dapat memengaruhi kesehatan pasien yang mengidap penyakit tersebut.

Sementara kebanyakan orang dengan Covid-19 telah terbukti pulih dan kembali ke kesehatan normal, beberapa pasien menunjukan gejala yang dapat berlangsung selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan setelah pulih.

Lembaga itu menyatakan bahkan orang yang tidak dirawat di rumah sakit dan yang memiliki penyakit ringan dapat mengalami gejala terus-menerus. Oleh sebab itu, mereka memperbarui daftar gejala yang bisa ditimbulkan.

Dilansir dari Express UK, Senin (16/11) berdasarkan pengamatan CDC, gejala jangka panjang yang paling sering dilaporkan adalah kelelahan, sesak napas, batuk, nyeri sendi, nyeri, dan nyeri dada. Gejala jangka panjang lain termasuk kabut otak, depresi, sakit kepala, demam intermiten, dan jantung berdebar kencang.

Selain itu, CDC juga mengkategorikan komplikasi jangka panjang yang lebih serius kendati jarang dilaporkan, meliputi radang otot jantung, kelainan fungsi paru, cedera ginjal akut, ruam dan rambut rontok, masalah penciuman dan rasa, masalah tidur, masalah memori, depresi, kecemasan, dan perubahan mood.

Signifikansi jangka panjang dari efek tersebut masih belum diketahui, tetapi cara terbaik untuk mencegah komplikasi jangka panjang adalah dengan mencegah Covid-19. Ada lima hal yang dapat dilakukan bila merujuk pada Public Health England (PHE).

Pertama adalah dengan sering mencuci tangan bila terkena batuk dan bersin. Kedua mengisolasi diri jika mengalami gejala. Ketiga menjaga jarak sosial. Keempat menggunakan layanan kesehatan dengan bijak. Kelima mendapat informasi terbaru dari sumber terpercaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro