Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

CDC Perbarui Daftar Efek Samping dari Virus Corona Jangka Panjang

Gejala Covid-19 pada setiap orang berbeda-beda. Selain tingkat keparahan virus yang beragam, berbagai gejala yang berbeda telah dilaporkan. CDC telah mempelajari lebih lanjut tentang efek kesehatan jangka panjang terkait penyakit pandemi ini.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 16 November 2020  |  11:13 WIB
Ilustrasi batuk - istimewa
Ilustrasi batuk - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Center for Disease Control and Prevention (CDC) telah memperbarui daftar gejala jangka panjang dari penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona baru.

Gejala Covid-19 pada setiap orang berbeda-beda. Selain tingkat keparahan virus yang beragam, berbagai gejala yang berbeda telah dilaporkan. CDC telah mempelajari lebih lanjut tentang efek kesehatan jangka panjang terkait penyakit pandemi ini.

Dalam pernyataannya, lembaga itu mengatakan telah mempelajari banyak organ selain paru-paru yang dipengaruhi oleh virus dan ada banyak cara infeksi dapat memengaruhi kesehatan pasien yang mengidap penyakit tersebut.

Sementara kebanyakan orang dengan Covid-19 telah terbukti pulih dan kembali ke kesehatan normal, beberapa pasien menunjukan gejala yang dapat berlangsung selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan setelah pulih.

Lembaga itu menyatakan bahkan orang yang tidak dirawat di rumah sakit dan yang memiliki penyakit ringan dapat mengalami gejala terus-menerus. Oleh sebab itu, mereka memperbarui daftar gejala yang bisa ditimbulkan.

Dilansir dari Express UK, Senin (16/11) berdasarkan pengamatan CDC, gejala jangka panjang yang paling sering dilaporkan adalah kelelahan, sesak napas, batuk, nyeri sendi, nyeri, dan nyeri dada. Gejala jangka panjang lain termasuk kabut otak, depresi, sakit kepala, demam intermiten, dan jantung berdebar kencang.

Selain itu, CDC juga mengkategorikan komplikasi jangka panjang yang lebih serius kendati jarang dilaporkan, meliputi radang otot jantung, kelainan fungsi paru, cedera ginjal akut, ruam dan rambut rontok, masalah penciuman dan rasa, masalah tidur, masalah memori, depresi, kecemasan, dan perubahan mood.

Signifikansi jangka panjang dari efek tersebut masih belum diketahui, tetapi cara terbaik untuk mencegah komplikasi jangka panjang adalah dengan mencegah Covid-19. Ada lima hal yang dapat dilakukan bila merujuk pada Public Health England (PHE).

Pertama adalah dengan sering mencuci tangan bila terkena batuk dan bersin. Kedua mengisolasi diri jika mengalami gejala. Ketiga menjaga jarak sosial. Keempat menggunakan layanan kesehatan dengan bijak. Kelima mendapat informasi terbaru dari sumber terpercaya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rumah sakit Virus Corona Gejala Penyakit
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top