Ilustrasi/Cxpert
Relationship

Ini Soft Skill yang Anda Perlukan Agar Sukses

Krizia Putri Kinanti
Rabu, 18 November 2020 - 10:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam dunia kerja dan bisnis, ada kemampuan yang harus dimiliki agar tujuan dan pekerjaan bisa berjalan sukses.

Selain keterampilan utama yang dibutuhkan dalam job desk, juga diperlukan soft skill agar hidup Anda menjadi lebih sukses.

Jika Anda tidak pandai dalam soft skill seperti bergaul dengan rekan kerja dan menjadi tim yang baik, Anda mungkin akan kehilangan pekerjaan lebih cepat dari yang Anda kira.

Dikutip dari Times of India, Rabu (18/11/2020), Pengusaha selalu membutuhkan orang yang dapat mereka andalkan. Ini bukan hanya tentang memenuhi persyaratan dan pendidikan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan itu. Jadi pertajam soft skill yang disebutkan di bawah yang mungkin Anda butuhkan untuk mencapai kesuksesan dalam hidup.

1. Pikiran terbuka

Dapatkah Anda membayangkan dunia di mana orang tidak terbuka terhadap ide-ide baru? Tidak akan ada kebebasan berbicara dan inovasi hampir tidak ada. Tentu saja, Anda tidak harus setuju dengan setiap ide, tetapi orang ingin berada di sekitar mereka yang setidaknya mendengarkan perspektif yang berbeda atau cara baru dalam melakukan sesuatu.

2. Komunikasi

Tertulis atau lisan, mengetahui bagaimana mengkomunikasikan ide Anda secara efektif adalah soft skill yang sangat penting. Jika ada orang lain yang tidak bisa memahami kebutuhan dan keinginan Anda, itu akan menjadi masalah bagi Anda. Anda selalu dapat belajar menjadi lebih baik dalam berkomunikasi dengan melakukan lebih banyak komunikasi dengan orang-orang di sekitar Anda.

3. Memberi dan menerima kritik saran

Ada beberapa orang yang sama sekali tidak memiliki masalah untuk menyuarakan pendapat mereka tetapi sangat buruk dalam menerima kritik yang membangun. Yang lainnya sangat berlawanan. Penting untuk mempelajari cara memberi serta menerima umpan balik untuk mendorong pertumbuhan positif bagi Anda dan orang yang bekerja dengan Anda.

4. Jaringan

Manusia adalah hewan sosial dan jaringan mengarah pada persahabatan, pernikahan, dan pekerjaan baru. Jadi, Anda perlu keluar dan membangun jaringan dengan orang-orang. Itu hanya akan membuatmu baik. Ini membantu Anda membentuk kontak baru dan mengenal orang yang tidak Anda kenal yang Anda butuhkan dalam hidup Anda.

5. Antusiasme

Jangan menjadi seseorang yang selalu mengeluh tentang setiap hal kecil. Anda tidak akan sukses jika Anda adalah orang itu. Orang ingin berada di sekitar mereka yang memiliki sikap positif terhadap kehidupan serta pekerjaan mereka. Jadi, tingkatkan antusiasme Anda dan jadikan itu berhasil untuk karier Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro