Ilustrasi vaksin Covid-19./Antara
Health

1 Juta Orang Disuntik Vaksin Darurat Buatan China

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 20 November 2020 - 06:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hampir satu juta orang telah menggunakan vaksin COVID-19 eksperimental yang dikembangkan oleh China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) melalui program penggunaan darurat negara itu.

China meluncurkan program penggunaan darurat pada Juli, yang sejauh ini mencakup tiga kandidat vaksin untuk pekerja esensial dan kelompok terbatas lainnya meski studi klinis belum selesai untuk membuktikan keamanan dan kemanjurannya.

Tidak ada reaksi merugikan yang dilaporkan dari mereka yang menerima vaksin dalam penggunaan darurat, kata Sinopharm dalam sebuah artikel di media sosial WeChat, mengutip ketua Liu Jingzhen dari wawancara media baru-baru ini.

Dua kandidat vaksin yang dikembangkan oleh China National Biotec Group (CNBG) anak perusahaan Sinopharm dan yang ketiga dikembangkan oleh Sinovac Biotech telah digunakan untuk program darurat.

Tidak jelas vaksin mana yang dirujuk Liu, dan Sinopharm tidak dapat dihubungi untuk berkomentar.

Vaksin Sinopharm, yang menggunakan virus yang tidak aktif yang tidak dapat bereplikasi dalam sel manusia untuk memicu respon imun, memerlukan dua dosis, data registrasi uji klinis menunjukkan.

Vaksin eksperimental sedang menjalani uji klinis Fase 3 di luar negeri yang telah merekrut hampir 60.000 orang, dan sampel darah lebih dari 40.000 peserta telah diambil 14 hari setelah mereka mengambil dosis kedua.

Di antara karyawan proyek konstruksi, diplomat, dan siswa yang pergi ke luar negeri setelah diinjeksi vaksin Sinopharm, tidak ada yang terinfeksi, tambahnya.

Tetapi para ahli telah memperingatkan agar tidak menggunakan data hanya dari program penggunaan darurat, tanpa hasil yang sebanding dari kelompok kontrol standar uji klinis, untuk menentukan keefektifan vaksin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro