Remdesivir Vial
Health

WHO Imbau Remdesivir Tidak Lagi Digunakan untuk Pengobatan Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 20 November 2020 - 08:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Panel ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyarankan agar remdesivir obat antivirus tidak lagi digunakan untuk pasien yang dirawat di rumah sakit dengan COVID-19.

Pasalnya, saat ini tidak ada bukti bahwa obat itu bisa meningkatkan kelangsungan hidup pasien.

Grup Pengembangan Panduan WHO (GDG) mendasarkan rekomendasinya pada tinjauan bukti baru yang membandingkan efek beberapa perawatan obat pada lebih dari 7.000 pasien yang dirawat di rumah sakit dengan COVID-19 dalam empat uji coba acak internasional.

Panel ahli, dari hasil evaluasi mencakup empat pasien yang pernah menderita COVID-19, menyimpulkan bahwa remdesivir “tidak memiliki efek yang berarti pada kematian atau hasil penting lainnya bagi pasien, seperti kebutuhan ventilasi mekanis atau waktu untuk perbaikan klinis,” kata WHO dalam sebuah pernyataan.

Pada bulan Oktober, WHO mengatakan uji coba Solidaritas globalnya yang menggunakan remdesivir dalam perawatan rumah sakit untuk COVID-19 telah menemukan bahwa itu tidak banyak berpengaruh pada lamanya waktu pasien dirawat di rumah sakit atau kelangsungan hidup mereka.

Remdesivir, yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi AS Gilead Sciences untuk pengobatan Ebola, adalah salah satu dari beberapa obat yang menarik perhatian dunia karena para dokter mencari cara yang lebih efektif untuk mengobati virus korona baru, yang muncul di China akhir tahun lalu.

Obat itu diberi otorisasi penggunaan darurat dari Food and Drug Administration di Amerika Serikat pada 1 Mei dan dikonsumsi oleh Presiden AS Donald Trump ketika dia dirawat di rumah sakit karena COVID-19 pada awal Oktober. Obat tersebut juga mendapatkan persetujuan peraturan di beberapa negara lain.

Selain itu, panel juga menyoroti besarnya biaya pengobatan dengan jenis obat tersebut. ada bulan Juli, Gilead memberi harga remdesivir pada US$2.340 untuk pengobatan lima hari di AS dan beberapa negara maju lainnya.

Rekomendasi tersebut, yang diterbitkan di BMJ, adalah bagian dari pedoman hidup WHO, yang digunakan di bidang penelitian yang bergerak cepat seperti COVID-19 karena memungkinkan para peneliti untuk memperbarui ringkasan bukti yang telah diperiksa dan ditinjau oleh rekan sejawat saat informasi baru tersedia.

Gilead belum merilis laporan studi klinis lengkap tentang remdesivir, dan panel mengatakan hal itu mendukung pendaftaran lanjutan ke dalam uji coba yang mengevaluasi obat, terutama untuk memberikan kepastian yang lebih tinggi dari bukti untuk kelompok pasien tertentu.

Selain redemsivir, pengobatan alternatif telah muncul termasuk deksametason steroid yang murah dan tersedia secara luas, yang biasanya digunakan untuk mengurangi peradangan pada penyakit lain seperti artritis.

Dalam hasil uji coba yang diumumkan pada bulan Juni, deksametason, terbukti mengurangi tingkat kematian sekitar sepertiga di antara pasien COVID-19 yang sakit paling parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro