Sejumlah wanita memakai masker saat berbelanja/Antara
Health

Tips Aman Berbelanja di Pasar Selama Masa Pandemi

Andhika Anggoro Wening
Minggu, 6 Desember 2020 - 10:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berbelanja kebutuhan rumah tangga adalah hal yang tidak bisa kita hindari di masa pandemi seperti sekarang ini. Permasalahannya, sebagian masyarakat masih dihinggapi kekhawatiran tertular virus Covid-19 yang belum juga reda hingga sekarang ini.

Ada beberapa tips untuk tetap bisa aman berbelanja di saat pandemi. Terpenting, tetap menerapkan protokol kesehatan di mana pun berada, karena 3M (mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir, menjaga jarak, dan mengenakan masker) dinilai masih cara yang ampuh untuk menangkal virus Corona.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan semua orang harus menjaga jarak antara satu dengan lainnya sejauh 1,5 hingga 2 meter untuk menghindari penularan virus Corona.

Selain menjaga jarak, saat berbelanja para pengunjung pasar wajib mengenakan masker. Pakar imunologi di NYU Langone Health di New York City, Purvi Parikh, mewajibkan orang memakai masker di pusat perbelanjaan.

"Orang-orang seharusnya tidak boleh masuk ke toko jika tak mengenakan masker. Jarak harus diterapkan dan masker harus diterapkan. Permukaan benda perlu dibersihkan. Staf harus membersihkan dan menyeka permukaan benda-benda sesering mungkin," kata Parikh, seperti dilansir Today.

Direktur Senior Pencegahan Infeksi di The Johns Hopkins Health System, Lisa Lockerd Maragakis, mengatakan selain masker, orang-orang juga perlu sesering mungkin mencuci tangan atau membersihkan tangan dengan cairan pembersih tangan, terutama saat berada di dalam gedung yang menjadi tempat orang berkumpul atau bergerak.

Di sisi lain, para ahli kesehatan menyarankan pengelola pusat perbelanjaan menyediakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer di pintu masuk, menempelkan panduan jarak sosial di berbagai lokasi dan memberlakukan pemeriksaan suhu wajib bagi karyawan dan pengunjung.

Selain itu, Anda yang mau berbelanja sebaiknya buatlah daftar belanjaan di atas kertas sehingga barang yang diperlukan bisa cepat diketahui tanpa harus berulang kali memegang ponsel. Bagi yang berada di pusat perbelanjaan, pengunjung disarankan untuk meninggalkan ponsel di dalam tas atau saku selama berbelanja.

Saat berada di toko, cari tanda atau panah satu arah di lantai yang mengarahkan arus pengunjung. Selain itu, hindari belanja pada jam-jam ramai dan menghabiskan waktu lama di dalam ruangan untuk menjelajah barang tertentu.

Jika toko yang dikunjungi berukuran lebih kecil dengan kapasitas terbatas, tunggulah dengan sabar dalam antrean sampai tiba giliran dilayani. Saat mengantre, jagalah jarak dari orang lain dalam antrean.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro