Jangan Dianggap Sepele, Ini Bahaya Mengunyah Es Batu Terlalu Sering/Istimewa
Health

Jangan Dianggap Sepele, Ini Bahaya Mengunyah Es Batu Terlalu Sering

Redaksi
Kamis, 22 Februari 2024 - 15:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengunyah es batu sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang karena memberikan sensasi tersendiri. Bahkan tak jarang dikonsumsi layaknya sebagai camilan.

Padahal mengunyah es batu terlalu sering dapat menimbulkan berbagai persoalan.

Dilansir dari Healthline, kondisi ini biasanya disebut Pica yang merupakan suatu kelainan seseorang memakan satu atau lebih benda yang bukan makanan, seperti es, tanah liat, kertas.

Adapun Pagophagia merupakan subtipe dari Pica yang menjelaskan kelainan seseorang dalam mengkonsumsi es batu, salju, atau air es secara kompulsif.

Padahal, bahaya mengunyah atau mengkonsumsi es batu bisa mengakibatkan persoalan yang serius. Permasalahan yang akan dirasakan adalah pada gigi. Perlahan tapi pasti, enamel pada gigi akan mengalami kerusakan serius.

Bagian ini memiliki peranan penting untuk melapisi bagian terluar gigi dan melindungi lapisan dalam dari kerusakan. Es batu yang mempunyai struktur keras akan mengikis lapisan enamel yang mengakibatkan gigi menjadi lebih sensitif terhadap zat panas dan dingin.

Tak hanya itu, risiko mengalami gigi berlubang juga akan mengintai kapan saja. Jika semua itu terjadi, pastinya akan ada batasan untuk mengkonsumsi sesuatu.

Tidak hanya gigi, gusi juga berpotensi mengalami luka yang diakibatkan dari serpihan es batu saat dikunyah. Gusi yang terluka turut meningkatkan risiko terjadinya infeksi serius di bagian mulut. Tentunya, nyeri hebat akan menghantui kalian setiap saat.

Sesegera mungkin kalian harus mengurangi dan menghentikan untuk mengunyah es batu.

Dilansir dari laman The Conversation, ada beberapa cara menghentikan aktivitas tersebut, yaitu:

1. Sebagai langkah awal, ketika ingin mengkonsumsi es batu, alangkah baiknya dicairkan di dalam mulut kalian. Lewat cara ini kalian bisa lebih baik merasakan kesegaran dari es batu dan cara ini mampu mengurangi terjadinya risiko kerusakan gigi.

2. Terdapat alternatif lainnya yaitu mengkonsumsi es batu yang telah diserut, di mana tekstur es batu akan lebih lembut jika ingin dikunyah.

3. Tahap terakhir adalah kalian harus mengumpulkan niat sebesar mungkin untuk tidak mengunyah es batu dalam jangka waktu yang rutin. Alihkan pikiran kalian untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Dengan begitu, secara perlahan kalian akan terbiasa untuk tidak mengkonsumsi es batu. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro