Komedian Cak Lontong ikut berkampanye tentang 3M untuk mencegah penyerabaran virus Covid-19.
Health

Cak Lontong Ajak Masyarakat Ikut Vaksin Corona dan Disiplin 3M

Hafiyyan
Minggu, 13 Desember 2020 - 11:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Komedian Lies Hartono atau yang akrab disapa Cak Lontong mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dan tetap menjalankan protokol kesehatan seperti 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak).

Dalam akun instagram lawancovid19_id, Cak Lontong menjelaskan vaksinasi melatih tubuh untuk kenal, lawan dan kebal dari penyebab penyakit seperti virus atau bakteri.

Sebelum digunakan, vaksin covid-19 diuji klinik dan dipastikan keamanan, khasiat, dan mutunya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta para ahli kesehatan.

"Vaksinasi melatih tubuh kita agar mampu mengenali dan melawan penyebab penyakit, termasuk vaksin Covid-19," paparnya.

Dia pun menganalogikan vaksin bertugas seperti satpam, yang dapat mencegah suatu penyakit atau virus masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian, virus atau penyakit tidak akan menjangkiti orang yang telah memiliki 'satpam' vaksin.

Di sisi lain, pria bergelar Insinyur itu juga mengajak masyarakat melakukan 3M meskipun sudah divaksin. Pasalnya, hal itu bertujuan mencegah penyebaran virus Corona lebih lanjut.

Hal serupa juga disampaikan ahli kesehatan bahwa setelah nantinya pelaksanaan vaksinasi berjalan, masyarakat harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak).

Ede Surya Darmawan, Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia mengatakan bahwa vaksin itu adalah upaya protektif terhadap penyakit spesifik. Beberapa virus dan bakteri di Indonesia memang sudah lama dilawan dengan imunisasi, sehingga di Indonesia kita mengenal program imunisasi.

"Kemudian beberapa penyakit yang bisa dicegah melalui imunisasi bisa tereleminasi. Vaksin COVID-19 ini juga diharapkan memiliki peran seperti itu nantinya”, ujarnya dalam acara Dialog Produktif bertema "Vaksin Datang, Tetap Disiplin 3M” yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Kamis (10/12/2020).

Lebih jauh lagi Ede menjelaskan perhitungan untung rugi dari program vaksinasi nantinya. Vaksin itu untungnya lebih banyak daripada ketika orang harus terjangkit corona.

Bukan hanya menelan biaya rata-rata Rp184 juta per orang, tapi juga kita rugi karena tidak bisa produktif bekerja. Sejauh ini vaksin sebagai intervensi kesehatan masyarakat dalam pencegahan penyakit menular sudah terbukti efektif sejak lama.

Terkait efek ikutan setelah divaksinasi, menurut Ede hal tersebut hanya sekadar ketidaknyamanan yang bersifat sementara.

“Sakitnya hanya karena ditusuk jarum suntik, kemudian ada bengkak, badan panas. Tapi itu tidak akan berlangsung lama. Kalau vaksinnya efektif maka akan segera terbentuk antibodi sehingga kita akan kebal terhadap suatu penyakit yang spesifik,” ungkapnya.

Juru bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa kendatipun telah memastikan ketersediaan vaksin, pemerintah akan tetap mengkampanyekan budaya 3M (menjaga jarak aman, memakai masker, mencuci tangan) sebagai prioritas.

Nadia berkata bahwa vaksin hanyalah upaya pencegahan sekunder. Setelah mendapat vaksin, masyarakat tetap diimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

"Jadi, vaksin ini memang merupakan bentuk pencegahan, tapi kami sebutnya upaya pencegahan sekunder. Sedangkan upaya pencegahan primer, tetap perlu 3M. Menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan. Jadi nanti walaupun kita sudah disuntuk vaksin, 3M ini harus tetap kita terapkan," tuturnya dalam webinar Jumat (11/12/2020).

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro