Hidangan kue natal yang bisa menggugah selera./ilustrasi
Kuliner

Ini 10 Kue Klasik Cocok untuk Hidangan Natal Anda

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Rabu, 16 Desember 2020 - 16:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kue dan makanan penutup klasik masih menjadi hidangan primadona yang bertahan dari zaman ke zaman sebagai pelengkap dan pelekat dalam menghangatkan suasana hari raya.

Salah satu hari raya yang cukup dinantikan banyak masyarakat dunia pada akhir tahun adalah Hari Raya Natal. Ada banyak jenis kue klasik dan makanan penutup alias dessert klasik yang populer dan cocok dinikmati dalam banyak momentum berkumpul bersama keluarga, kerabat, dan orang terkasih.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis.com pada Rabu (16/12/2020) ada sekitar 10 jenis hidangan penutup alias dessert klasik yang terus bertahan sampai dengan abad 21 ini. Dengan latar belakang sejarah dan lokasi kelahiran yang berbeda-beda, kue klasik ini berhasil menembus benua dan populer dalam setiap perayaan. Apa sajakah itu?

1. Baked Alaska

Jika Anda mengenal kue Bika Ambon yang ternyata tak berasal dari Ambon justru dari Jawa, maka demikian pula nasib Baked Alaska. Kue sponge lembut dengan balutan es krim dan adonan merique ini ternyata berasal dari Amerika Serikat, bukan dari Alaska. Hidangan ini pertama kali lahir sekitar tahun 1876 bersamaan dengan masuknya Alaska sebagai wilayah baru di daratan Amerika Serikat.

2. Tunnel of Fudge

Kue ini populer di tahun 1966 yang terbuat utuh dari bagian kue hingga topping dengan coklat. Kue ini punya kisah yang unik dengan kehadiran Perang Dunia II, ketika seorang tentara mendirikan perusahaan bakeware Nordic Ware.

Pasalnya, kelompok wanita meminta agar dibuatkan panci dengan bentuk tertentu dan menamakannya sebagai Bandt. Barulah pada 1966, Houston Ella Helfrich menggunakan untuk membuat kue guna berkompetisi dalam Pillsbury Bake-Off dan menghasilkan kue berukuran besar bernama Tunnel of Fudge tersebut.

tunnel of fudge kue natal
tunnel of fudge kue natal

3. Pink Champagne Cake

Pada tahun yang sama, yaitu 1966, tidak hanya Tunnel of Fudge yang sudah populer, ada pula kue bernama Pink Champagne Cake. Kue ini bahkan masih eksis dan difavoritkan pada masa kini, terutama jika Anda sedang berselancar di media sosial dan menemukan unggahan tentang menaruh minuman berkarbonasi di dalam kue. Ternyata resep kue ini sudah banyak diminati dari Los Angeles Times.

Adapun dari tiga per empat cangkir champagne saja, membuat beberapa orang justru menambahkan minuman soda strawberry ke dalamnya. Biasanya, lapisan kue yang manis dan lembut itu dipisahkan oleh lapisan kelapa atau krim Bavarian yang kemudian ditutupi dengan fondant.

pink champagne cake
pink champagne cake

4. Carrot Cake

Kue Carrot Cake mulai populer di Indonesia sejak tahun 2000an. Nyatanya, kue ini sudah mulai dibuat pada Abad Pertengahan kala sejarah makanan banyak terinspirasi dari bahan dasar wortel dalam hidangan yang manis dan gurih. Popularitas Carrot Cake pun meroket sejak tahun 1960an sampai tahun 1970an.

carrot cake christmas cake
carrot cake christmas cake

5. Texas Sheet Cake

Berukuran besar dan menggiurkan, inilah deskripsi yang tepat ketika Anda menemukan kue klasik bernama Texas Sheet Cake. Mirip dengan kue brownies coklat, Texas Sheet Cake sudah muncul dan populer pada kisaran tahun 1980an. Sampai hari ini Texas Sheet Cake yang berlapis dan tebal itu masih populer sebagai kue ulang tahun. Dia pun kerap berinovasi dalam ukuran yang lebih kecil untuk memuaskan hasrat para pecinta coklat.

Ini 10 Kue Klasik Cocok untuk Hidangan Natal Anda

6. Chiffon Cake

Kue chiffon seringkali menjadi andalan pada semua hari raya keagamaan. Teksturnya yang lembut memberikan kenikmatan tatkala meleleh di mulut. Kue chiffon ternyata sudah eksis sekitar tahun 1920an, diciptakan oleh seorang penjual roti bernama Harry Baker. Dia lantas menjual resepnya ke Betty Crocker pada tahun 1948. Ketika dia menjual resep tersebut, kue ini menjadi tren makanan pada 1950-an.

7. Plum Torte

Kue Plum torte memang populer pada tahun 1983 setelah resep kue ini diterbitkan oleh The New York Times. Meski terbilang sederhana, kue ini punya bentuk dan tekstur yang unik karena menggabungkan Plum kecil berwarna ungu dan gula yang dibakar di kue yang lezat.

8. Cupcake

Siapa tidak kenal Cupcake? Bentuknya besar bak kue bolu khas Indonesia, kue ini ternyata mulai populer di dunia sejak tahun 2000. Dikutip dari Business Insider, adapun yang pertama kali mempopulerkan kue ini adalah Magnolia Bakery. Popularitas kue ini melesat setelah muncul dalam salah satu film Sex and The City sehingga membuat banyak orang memburu cupcakes.

9. Red Velvet

Berwarna merah merona, kue ini punya rasa yang menawan yakni manis dan asam. Pertama kali kue ini muncul di Magnolia Bakery, New York, pada tahun 1996. Kue ini pun ikut melesat bersamaan dengan beberapa kue ciptaaan Magnolia Bakery. Seperti yang diungkapkan Sejarawan Makanan Kim Severson dalam Food and Wine, kue ini memakai warna merah dengan tujuan untuk menarik minat konsumen.

red velvet kue natal
red velvet kue natal

10. Chocolate Lava Cake

Siapa tidak kenal kue berukuran mini dengan cairan coklat lumer dalam adonannya. Nikmat, demikian ujar para pecinta coklat usai menikmati chocolate lava cake.

Seperti lelehan lava, kue coklat ini berasal dari Pantai Timur dan dibawa oleh seorang pastry bernama Sherry Yard yang menyebutnya sebagai makanan penutup. Kue ini pun mulai populer sekitar tahun 1990-an dan terus populer di semua toko kue sampai sekarang.

chocolate lava cake
chocolate lava cake

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro