Vaksin buatan Pfizer yang disetujui Inggris
Health

Daftar Negara yang sudah Vaksinasi Massal Covid-19, Indonesia Kapan?

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 25 Desember 2020 - 07:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Program vaksinasi massal untuk melindungi orang dari virus corona telah dimulai secara global untuk memerangi pandemi, yang telah menewaskan lebih dari 1,73 juta orang di seluruh dunia dan menginfeksi 78 juta orang sejak akhir Desember tahun lalu.

Awal bulan ini, Inggris menjadi negara pertama di dunia yang mulai mengelola warganya dengan vaksin COVID-19 yang telah diuji coba sepenuhnya, segera diikuti oleh beberapa negara lain.

Berikut adalah daftar negara yang telah menyetujui dan mulai memberikan vaksin COVID kepada warganya:

1. Inggris

Pada 8 Desember, Margaret Keenan, seorang nenek berkebangsaan Inggris berusia 90 tahun, menjadi orang pertama di dunia yang menerima vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 di luar uji coba.

Tetapi tak lama setelah program vaksinasi diluncurkan, Inggris memberlakukan tindakan lockdown yang ketat setelah jenis virus korona yang baru dan lebih menular ditemukan.

2. Uni Emirat Arab

Suntikan pertama vaksin virus corona kepada warga diberikan di ibu kota UEA, Abu Dhabi, pada 14 Desember.

Negara Teluk yang kaya minyak itutelah menyetujui Pfizer-BioNTech dan vaksin Sinopharm buatan China untuk digunakan secara massal.

3. Amerika Serikat

Pada hari yang sama, AS juga mulai memberikan vaksin Pfizer, dengan perawat perawatan kritis di New York City, Sandra Lindsay, menjadi orang Amerika pertama yang menerimanya.

Pfizer-BioNTech telah diberikan kepada lebih dari satu juta orang sejak program tersebut dimulai bahkan saat otoritas AS telah menyetujui vaksin kedua yang dibuat oleh Moderna.

3. Kanada

Pasien COVID-19 pertama yang diinokulasi di Kanada adalah seorang wanita berusia 89 tahun dari Quebec yang menerima vaksin Pfizer pada 14 Desember.

Negara Amerika Utara, bersama dengan tetangganya AS, juga telah menyetujui vaksin Moderna untuk program imunisasi masal. Pengiriman pertama tembakan Moderna tiba pada hari Kamis.

4. Arab Saudi

Arab Saudi, negara yang terkena dampak terburuk di Semenanjung Arab dengan lebih dari 360.000 kasus yang tercatat, termasuk 6.148 kematian, memulai kampanyenya dengan vaksin Pfizer-BioNTech pada 17 Desember.

5. Israel

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menerima suntikan vaksin COVID-19 pada 19 Desember, memulai peluncuran nasional.

Netanyahu, 71, dan menteri kesehatannya disuntik dengan vaksin Pfizer-BioNTech secara langsung di TV di Sheba Medical Center di Ramat Gan, dekat Tel Aviv.

6. Qatar

Qatar meluncurkan kampanye vaksinasi virus korona gratis setelah gelombang pertama vaksin Pfizer-BioNTech tiba di negara Teluk pada 22 Desember.

Vaksin akan diberikan dalam dua dosis, dengan jarak tiga minggu di tujuh pusat kesehatan utama di seluruh negeri.

Qatar juga telah menandatangani kesepakatan untuk memperoleh vaksin Moderna dan Oxford-AstraZeneca.

7. Meksiko

Meksiko memulai program vaksinasi massal pada 24 Desember, dengan seorang perawat menjadi yang pertama menerima suntikan di negara dengan salah satu angka kematian COVID-19 tertinggi di dunia.

Peluncuran yang disiarkan televisi dilakukan sehari setelah 3.000 dosis pertama vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 tiba dengan pesawat kurir dari Belgia

8. Serbia

Negara Balkan mulai meluncurkan vaksin pada 24 Desember, dengan Perdana Menteri Ana Brnabic menjadi orang pertama yang menerima vaksin Pfizer.

9. Kuwait

Kuwait juga memulai kampanye vaksinasi virus korona pada 24 Desember.

Negara ini menerima 150.000 dosis vaksin pertama yang dikembangkan oleh raksasa farmasi AS Pfizer dan mitranya dari Jerman, BioNTech.

10. Chile

Pada 24 Desember, Chili menjadi negara Amerika Latin kedua setelah Meksiko yang memulai program inokulasi.

Zulema Riquelme, perawat berusia 42 tahun, mendapat suntikan pertama di hadapan Presiden 

11. Rusia

Pemerintah Rusia mengatakan telah menginokulasi warganya sejak September dengan vaksin Sputnik V.

Pada 13 Agustus, Presiden Vladimir Putin mengumumkan bahwa Rusia telah menjadi negara pertama yang memberikan persetujuan regulasi untuk vaksin COVID-19.

Namun, persetujuan untuk penggunaan diberikan tanpa negara tersebut menyelesaikan uji coba fase ketiga, menimbulkan pertanyaan dari organisasi kesehatan dunia dan ilmuwan.

12. Kosta Rika

Kosta Rika menerima pengiriman pertama dosis vaksin Pfizer-BioNTech pada hari Rabu, dan negara itu memberikan suntikan pertama pada hari Kamis kepada seorang penghuni panti jompo berusia 91 tahun yang terikat kursi roda, Elizabeth Castillo.

“Saya sangat bersyukur kepada Tuhan, karena saya telah meminta begitu banyak dari dia. Hidup saya sangat penting bagi saya, jadi manfaatkan setiap momen, ”kata Castillo.

Presiden Kosta Rika Carlos Alvarado Quesada mengatakan vaksinasi “mungkin merupakan awal dari akhir pandemi ini”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro