Seorang wanita menjalani tes Covid-19 di sebuah klinik darurat di Seoul, Korea Selatan (26/8/2020)./Antara/Reuters-Kim Hong-Ji
Health

Simak Update Rencana Vaksinasi Virus Corona di Asia

Rezha Hadyan
Senin, 4 Januari 2021 - 16:40
Bagikan

Korsel, Australia, dan Filipina

Korea Selatan

Pemerintah Korea Selatan telah menyepakati pembelian 20 juta dosis vaksin Pfizer-BioNTech dan Oxford-AstraZeneca, serta empat juta dosis kandidat Johnson & Johnson.

Moderna minggu ini setuju untuk menyediakan vaksin yang cukup untuk 20 juta orang di Korea Selatan, dengan negara tersebut bertujuan untuk menandatangani kontrak pada akhir tahun ini dan berharap dapat mulai mengimpor pada kuartal kedua.

Otoritas kesehatan akan menerima 10 juta dosis lagi melalui Fasilitas Covax yang didukung Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Kementerian Kesehatan Negeri Ginseng juga telah mempercepat programnya dan sekarang menunjukkan bahwa imunisasi dapat dimulai pada Februari, sementara jangka waktu yang diperlukan untuk menyetujui vaksin dan perawatan akan dikurangi menjadi hanya 40 hari.

Australia

Pihak berwenang telah mendapatkan sekitar 140 juta dosis, termasuk 53,8 juta dari Oxford-AstraZeneca, 51 juta dari Novavax, dan 10 juta dari Pfizer-BioNTech. 25,5 dosis lainnya akan diberikan oleh Covax. Pemerintah berencana memulai vaksinasi pada Maret.

Filipina

Pemerintah berencana untuk memiliki setidaknya 50 juta dosis vaksin yang mencakup seperempat populasi tahun depan.

Vaksin ini telah dipesan sebelumnya 2,6 juta dosis dari vaksin Oxford-AstraZeneca, dan sedang dalam pembicaraan untuk mendapatkan lebih banyak dari berbagai sumber termasuk Pfizer-BioNTech.

Pada Senin (4/1/2021), Menteri Kesehatan Filipina itu mengatakan Institut Serum India telah meyakinkannya bahwa akan ada 30 juta dosis vaksin Novavax yang siap pada Juli dan bahwa kesepakatan resmi dapat ditandatangani pada akhir tahun.

Para pejabat juga sedang dalam tahap akhir negosiasi untuk mengamankan 25 juta dosis vaksin Sinovac. Filipina bulan lalu menetapkan akhir 2021 atau awal tahun depan sebagai titik awal yang "realistis" untuk imunisasi, dengan inokulasi 60 juta hingga 70 juta orang Filipina yang diperlukan untuk kekebalan kawanan yang diperkirakan akan memakan waktu tiga hingga lima tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro