Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Enam Manfaat Super Buah Ceri yang Kaya Antioksidan

Dalam sebuah penelitian, pasien asam urat yang mengonsumsi ceri hanya dalam dua hari (baik buah segar, ekstrak dan jus ceri) menunjukkan risiko serangan asam urat 35 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak makan ceri.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 Januari 2021  |  21:33 WIB
Buah Ceri - Istimewa
Buah Ceri - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Buah Ceri biasa digunakan sebagai pelengkap makanan atau hiasan kue, padahal buah ini merupakan salah satu yang paling sehat sebab dapat melindungi tubuh secara keseluruhan.

Satu cangkir, atau sekitar 21 buah ceri, mengandung kurang dari 100 kalori dan 15 persen dari kebutuhan vitamin C harian Anda. Berikut adalah manfaat dari buah ceri dilansir Health.

Kaya antioksidan
Ceri adalah sumber antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang kuat. Penjaga tubuh seluler ini memperlambat penuaan dan menangkal penyakit kronis termasuk penyakit jantung, kanker, Alzheimer, diabetes, dan obesitas.

Melindungi dari diabetes
Efek anti-inflamasi dari ceri membantu menjaga kesehatan tubuh Anda. Selain itu ceri memiliki peringkat indeks glikemik yang lebih rendah dibanding kebanyakan buah.

Hal tersebut menandakan bahwa mereka tidak memicu lonjakan dan penurunan kadar gula darah dan insulin. Ini membuat keduanya melindungi terhadap diabetes dan juga menjaga kondisi seseorang yang sudah mengalaminya.

Membuat tidur nyenyak
Kue ceri atau ceri tart merupakan sumber makanan melatonin, hormon yang membantu mengontrol siklus tidur-bangun Anda. Sebuah studi pada pria dan wanita dengan insomnia menemukan bahwa dibandingkan dengan plasebo, delapan ons jus ceri asam di pagi hari dan satu gelas setidaknya dua jam sebelum tidur dapat meningkatkan waktu tidur satu jam 24 menit.

Mengurangi nyeri sendi
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ceri bermanfaat bagi penderita osteoartritis. Mengkonsumsi ceri atau jus ceri murni secara teratur dapat membantu mengurangi nyeri sendi.

Mengurangi risiko asam urat
Lebih dari delapan juta orang dewasa di A.S. menderita asam urat. Artritis inflamasi ini dipicu ketika produk limbah yang disebut asam urat mengkristal di dalam persendian, menyebabkan nyeri dan pembengkakan.

Dalam sebuah penelitian, pasien asam urat yang mengonsumsi ceri hanya dalam dua hari (baik buah segar, ekstrak dan jus ceri) menunjukkan risiko serangan asam urat 35 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak makan ceri.

Menurunkan kolesterol
Penelitian menunjukkan bahwa minum jus ceri asam dapat membantu menurunkan kolesterol total, termasuk jenis "jahat", yang dikenal sebagai LDL.

Setiap penurunan 1 persen kolesterol, berarti menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 2 persen. LDL yang tinggi sangat mengkhawatirkan terkait dengan risiko serangan jantung.

Mengurangi rasa sakit usai olahraga
Ceri dapat mengurangi rasa nyeri pasca-HIIT. Mereka juga melindungi dari keausan sel akibat olahraga, dan membantu mendukung pemulihan otot. Untuk alasan ini jus ceri populer di kalangan atlet profesional dan kompetitif.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top