Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perhatian, ini Enam Cara Mudah Merawat Ginjal

Kesehatan ginjal yang optimal dapat membuat tubuh menyaring limbah dengan baik dan berproduksi. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan perawatan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 07 Januari 2021  |  14:45 WIB
Ginjal sehat - boldsky.com
Ginjal sehat - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Masalah kesehatan tidak bisa dianggap remeh, lebih baik melakukan pencegahan sejak diri daripada harus mengobati apalagi jika berurusan dengan organ tubuh.

Ginjal adalah salah satu organ yang kerap diabaikan masalah kesehatannya. Dr Bishwaranjan Mohanty, konsultan nefrologi dan dokter transplantasi di pusat Dialisis NephroPlus di Rumah Sakit Jyothi, Odisha, India mengatakan menjaga kesehatan ginjal sama pentingnya dengan merawat organ lain di dalam tubuh.

Kesehatan ginjal yang optimal dapat membuat tubuh menyaring limbah dengan baik dan berproduksi. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan perawatan. Berikut adalah cara merawat ginjal agar tetap sehat melalui kebiasaan sehari-hari dilansir Indian Express.

Hidrasi
Kita semua tahu bahwa minum air sangat penting untuk kesehatan, tetapi minum terlalu banyak air juga bisa menimbulkan masalah, terutama jika Anda mengalami gagal ginjal.

Jangan terlalu khawatir tentang aturan delapan gelas sehari dan fokuslah pada minum yang cukup sehingga urin Anda berwarna kuning muda atau transparan.

Menjaga makanan
Diabetes dan tekanan darah tinggi adalah penyebab utama penyakit ginjal, jadi pilihlah makanan sehat, rendah natrium, rendah kolesterol yang dapat membantu mengontrol kondisi ini dan juga baik untuk ginjal Anda.

Olahraga
Olahraga teratur akan membantu Anda mempertahankan berat badan, mencegah diabetes penyakit jantung serta mengontrol tekanan darah dan kolesterol.

Jadi filter bagi diri sendiri
Ginjal bertanggung jawab untuk menghilangkan zat berbahaya dari darah, termasuk asap dan alkohol, jadi beri mereka istirahat dan kurangi hal-hal buruk. Mereka juga menyaring obat resep dan obat bebas, jadi jangan pernah minum lebih dari yang diresepkan dan hindari obat yang tidak Anda butuhkan.

Ketahui riwayat kesehatan ginjal
Beberapa orang lebih rentan terhadap penyakit ginjal, dan mereka perlu lebih rajin dalam hal perawatan. Kita tahu bahwa diabetes dan tekanan darah tinggi adalah tanda bahaya terbesar, tetapi ada banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan yakni penyakit jantung, obesitas dan merokok, usia lanjut dan riwayat keluarga.

Lakukan pemeriksaan rutin
Penyakit ginjal dikenal sebagai 'silent killer' karena pasien dapat kehilangan 90 persen fungsi ginjal sebelum gejala muncul. Jika Anda salah satu dari 26 juta orang yang tidak sadar menderita penyakit ginjal, intervensi dini mungkin bisa menyelamatkan hidup Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top