Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hanya 3 Hari, Tes Swab Virus Corona di RSUI Cuma Rp600.000

RSUI memberikan harga khusus bagi masyarakat umum untuk tes swab PCR virus corona. Namun, harus melakukan pendaftaran online sebelum datang ke RSUI.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 09 Januari 2021  |  10:49 WIB
Petugas medis mengambil sampel Swab PCR untuk mendeteksi penularan virus corona (Covid-19). RSUI memberikan harga khusus kepada masyarakat umum. Rabu (26/8/2020). - Antara/Umarul Faruq
Petugas medis mengambil sampel Swab PCR untuk mendeteksi penularan virus corona (Covid-19). RSUI memberikan harga khusus kepada masyarakat umum. Rabu (26/8/2020). - Antara/Umarul Faruq

Bisnis.com, JAKARTA - Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) memberikan harga khusus untuk pemeriksaan Swab PCR virus corona senilai Rp600.000 bagi masyarakat umum.

Sementara itu, bagi mahasiswa UI dan pegawai RSUI harga pemeriksaan Swab PCR virus corona (Covid-19) senilai Rp350.000. Adapun program khusus ini berlangsung selama tiga hari, mulai 9 Januari-11 Januari 2021 di Poli Melati, Gedung Parkir RSUI Lantai 1, Kampus UI, Depok.

Pihak RSUI dalam siaran persnya, dikutip Sabtu ini menyatakan program pemeriksaan Swab PCR ini jumlahnya terbatas sesuai kuota yang ditetapkan.

Masyarakat dapat memilih waktu pemeriksaan sesuai jadwal yakni pukul 08.00-16.00 WIB (Sabtu-Minggu, 9-10/1) dan 08.00-10.00 WIB (Senin, 11/1/2021).

Untuk mengefisienkan waktu pemeriksaan, masyarakat diharuskan melakukan pendaftaran online pemeriksaan COVID-19 terlebih dahulu melalui tautan https://s.id/SWABSUBSIDIRSUI pada hari H-1 sebelum pemeriksaan dan wajib menunjukkan KTP saat pemanggilan nomor antrian serta mengunggah bukti pembayaran.

Nantinya hasil pemeriksaan akan dikirimkan ke email peserta maksimal pada 14 Januari 2021. Pemeriksaan swab (tes swab) merupakan pemeriksaan untuk mendeteksi virus corona menggunakan mesin Polymerase Chain Reaction (PCR).

Dalam prosedurnya, petugas medis akan mengambil sampel lendir dari saluran pernapasan atas melalui hidung dan tenggorokan. Sampel ini kemudian dibawa ke laboratorium dan diperiksa menggunakan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mendeteksi materi genetik virus SARS-CoV-2.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan pemeriksaan swab merupakan golden standard untuk pemeriksaan COVID-19 karena tingkat reliabilitas dan validitasnya yang lebih tinggi dibanding metode pemeriksaan lain.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ui rumah sakit swab test

Sumber : Antara

Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top