Cara memakai masker
Health

Moms, Begini Cara Pakai Masker untuk Anak yang Benar

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 16 Januari 2021 - 15:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia WHO dan kelompok ahli internasional dan multidisiplin yang dikumpulkan oleh WHO meninjau bukti penyakit COVID-19 dan penularannya pada anak-anak serta terbatasnya bukti yang tersedia tentang penggunaan masker oleh anak-anak.

Berdasarkan hal ini dan faktor-faktor lain seperti kebutuhan psikososial anak dan tonggak perkembangan, WHO dan UNICEF menyarankan anak-anak berusia 5 tahun ke bawah tidak diharuskan memakai masker.

Hal ini didasarkan pada keselamatan dan kapasitas untuk menggunakan masker dengan benar dengan bantuan minimal.

WHO dan UNICEF menyarankan bahwa keputusan penggunaan masker untuk anak usia 6-11 tahun harus didasarkan pada faktor-faktor berikut:

1. Apakah terjadi penularan yang meluas di daerah tempat tinggal anak tersebut

2. Kemampuan anak untuk menggunakan masker dengan aman dan tepat

3. Akses ke masker, serta pencucian dan penggantian masker di tempat tertentu (seperti sekolah dan layanan penitipan anak)

4. Pengawasan dan instruksi orang dewasa yang memadai kepada anak tentang cara memakai, melepas, dan memakai masker dengan aman

5. Dampak potensial dari pemakaian masker pada pembelajaran dan perkembangan psikososial, dengan berkonsultasi dengan guru, orang tua atau pengasuh dan  atau penyedia medis

6. Pengaturan dan interaksi khusus yang dilakukan anak dengan orang lain yang berisiko tinggi mengembangkan penyakit serius, seperti orang tua dan orang dengan kondisi kesehatan lain yang mendasari.

Sementara itu, WHO dan UNICEF menyarankan agar anak-anak berusia 12 tahun ke atas harus memakai masker dalam kondisi yang sama dengan orang dewasa, khususnya ketika mereka tidak dapat menjamin jarak minimal 1 meter dari orang lain dan ada penularan yang meluas di daerah tersebut.

Anak-anak harus mengikuti prinsip yang sama seperti orang dewasa dalam memakai masker. Ini termasuk membersihkan tangan setidaknya 20 detik jika menggunakan antiseptik berbasis alkohol, atau setidaknya 40 detik jika menggunakan sabun dan air, sebelum mengenakan masker.

Sebelum memakaikan masker, harus dipastikan ukuran masker tepat untuk menutupi hidung, mulut dan dagu. Anak-anak harus diajari cara memakai masker dengan benar, termasuk tidak menyentuh bagian depan masker dan tidak menariknya ke bawah dagu atau ke dalam mulutnya.

Mereka harus menyimpan masker di dalam tas atau wadah, dan tidak berbagi masker dengan orang lain.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro