Cara mendeteksi kanker paru-paru./WebMD
Health

Tips Sehat, Kenali Gejala Awal Kanker Paru-Paru

Asteria Desi Kartika Sari
Sabtu, 23 Januari 2021 - 17:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Banyak orang dengan penderita kanker paru-paru tidak memiliki gejala sampai penyakitnya mencapai stadium lanjut. Pasalnya, menurut American Lung Association, hanya ada sedikit ujung saraf di paru-paru, tumor dapat tumbuh tanpa menimbulkan rasa sakit atau ketidaknyamanan.  Namun, gejala yang muncul berbeda pada setiap orang.

Kendati begitu ada beberapa gejala yang dapat menjadi indikasi seperti batuk yang tidak kunjung sembuh dan semakin parah seiring waktu, suara serak, nyeri dada terus menerus, sesak napas. Infeksi paru-paru yang sering terjadi seperti bronkitis atau pneumonia dan batuk darah.

Adapun beberapa gejala kanker paru-paru yang mungkin tampak tidak berhubungan dengan paru-paru atau pernapasan. Gejala ini masih bisa menjadi tanda kanker paru-paru karena kanker tersebut tidak menimbulkan gejala pada tahap awal.

Artinya beberapa gejala tidak muncul sampai kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang lain. Beberapa gejala ini mungkin termasuk penurunan berat badan kehilangan selera makan, sakit kepala, nyeri atau patah tulang, gumpalan darah.

Apabila Anda mendapati salah satu gejala tersebut, lebih baik segera menemui dokter. Jika Anda merasa berisiko terkena kanker paru-paru, bicarakan dengan dokter Anda tentang skrining.

Sayangnya, beberapa orang salah didiagnosis dalam waktu lama karena gejalanya mirip dengan diagnosis lain seperti pneumonia, alergi, atau pilek.

Jika Anda merasa ada yang tidak beres, konsultasikan dengan dokter Anda. Anda tahu tubuh Anda yang terbaik dan gigih bisa menyelamatkan hidup Anda.

Kanker paru-paru didiagnosis berbeda dari orang ke orang. Tim medis akan  memilih tes berdasarkan sejumlah faktor seperti riwayat kesehatan Anda, Gejala Anda, temuan dari pemeriksaan fisik Anda, dan tes pencitraan.

Dokter Anda mungkin merekomendasikan untuk tes pencitraan yang dapat membantu menemukan kanker paru-paru. Adapun tes pencitraan membuat gambar bagian dalam tubuh Anda. Gambar-gambar ini membantu dokter untuk menemukan kanker paru-paru, untuk melihat apakah telah menyebar, untuk melihat apakah pengobatan berhasil atau untuk menemukan kanker yang muncul kembali setelah pengobatan.

Tes tersebut meliputi pemindaian tomografi terkomputerisasi (CT), Pemindaian positron emission tomography (PET) dan Pemindai tulang.

Hal tersebut dimaksudkan untuk mengetahui apakah sesuatu yang mencurigakan sebenarnya adalah kanker paru-paru. Dokter harus mempelajari jaringan atau cairan dari atau sekitar paru-paru. Banyak prosedur berbeda yang memungkinkan dokter mengangkat sel dari tubuh dan memeriksanya di bawah mikroskop untuk menentukan apakah itu kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro