Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Selama Pandemi, Jumlah Pelanggan Berbayar Spotify Naik 24 Persen

Spotify akan terus memprioritaskan pertumbuhan pelanggan dibandingkan keuntungan pada masa mendatang.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 04 Februari 2021  |  12:18 WIB
Jumlah pengguna berbayar di Spotify terus meningkat - Reuters/Christian Hartmann
Jumlah pengguna berbayar di Spotify terus meningkat - Reuters/Christian Hartmann

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah pelanggan berbayar yang dimiliki oleh Spotify mengalami peningkatan yang signifikan sepanjang 2020.

Melansir Phone Arena pada Kamis (4/2/2021), layanan streaming musik dan siniar (podcast) asal Swedia itu berhasil menutup 2020 dengan 155 juta pelanggan berbayar. Angka tersebut naik 24 persen dari tahun sebelumnya dengan 124 juta pelanggan berbayar.

Kesuksesan tersebut tak terlepas dari upaya Spotify memfokuskan diri pada Siniar. Saat ini ada 2,2 juta podcast di platform dan waktu konsumsi naik hampir dua kali lipat.

Selain itu, kehadiran Paket Premium Family dan Premium Duo juga terbukti berhasil mendongkrak jumlah pelanggan berbayar.

Kawasan Eropa dan Amerika Utara masih menjadi wilayah dengan jumlah pelanggan berbayar terbesar menurut catatan Spotify. Khusus untuk Eropa, belum lama ini Spotify baru saja berekspansi ke Rusia dan negara-negara lain di sekitarnya.

Walaupun demikian, peningkatan jumlah pelanggan berbayar belum diikuti oleh meningkatnya keuntungan perusahaan. Alih-alih untung, Spotify justru harus berkorban untuk memperluas pasarnya.

Spotify mengalami kerugian €125 juta euro pada kuartal terakhir lalu. Angka tersebut masih jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya di periode yang sama sebesar €209 juta euro.

Di sisi lain, total pendapatan mencapai €2,17 miliar euro, naik dari €1,86 miliar euro  pada kuartal sama tahun lalu. Spotify mengatakan akan terus memprioritaskan pertumbuhan pelanggan dibandingkan keuntungan pada masa mendatang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musik Spotify
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top