Virus hepatitis A. /webmd
Health

Temuan Terbaru: Penyakit Hati Kategori Risiko Tinggi Covid-19

Rika Anggraeni
Selasa, 9 Februari 2021 - 15:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Virus Corona atau Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Penyakit ini menyebabkan terinfeksi saluran pernapasan yang membuat seseorang sulit bernapas, pneumonia berat, hingga kematian.

Riset terbaru yang dipublikasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menjelaskan bahwa orang dewasa yang lebih tua dan orang dari segala usia yang memiliki kondisi medis serius, termasuk orang dengan penyakit hati, mungkin berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah akibat Covid-19.

"Orang dengan penyakit hati kronis, termasuk hepatitis B dan hepatitis C, mungkin memiliki kekhawatiran dan pertanyaan terkait risikonya," kata CDC, seperti dikutip Selasa (9/2/2021).

Beberapa pasien yang dirawat di rumah sakit karena terinfeksi Covid-19 mengalami peningkatan kadar enzim hati, seperti alanine aminotransferase (ALT) dan aspartate aminotransferase (AST).

CDC mengatakan peningkatan kadar enzim hati tersebut menandakan bahwa hati seseorang mengalami kerusakan sementara.

"Orang dengan sirosis [jaringan parut hati] mungkin berisiko lebih tinggi terkena Covid-19," sambungnya.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan penyakit hati seperti hati kronis, sirosis, atau komplikasi terkait yang didiagnosis dengan Covid-19 memiliki risiko kematian yang lebih tinggi daripada orang yang tidak memiliki penyakit hati.

Orang dewasa dari segala usia dengan kondisi medis tertentu, termasuk orang dengan penyakit hati seperti hepatitis B atau hepatitis C, mungkin berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah akibat virus yang menyebabkan Covid-19.

Pasien dengan karsinoma hepatoseluler (HCC) merupakan yang paling sering terjadi pada orang dengan penyakit hati kronis seperti hepatitis B atau hepatitis C. Mereka berisiko lebih tinggi terkena Covid-19 berat dibandingkan mereka yang tidak memiliki kanker hati.

"Pasien kanker dengan sistem kekebalan yang lemah setelah kemoterapi lebih mungkin terkena infeksi kuman lain, dan mungkin juga kasus Covid-19," ujarnya.

Bahkan CDC memaparkan bahwa penyakit Covid-19 menyebar dengan mudah di antara orang-orang dengan sistem kekebalan yang sehat.

Begitu pula orang dewasa dari segala usia dengan kondisi medis tertentu juga memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena Covid-19 parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro