Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Penyebab Diabetes Pada Tubuh Manusia

Penyebab diabetes tipe 1 dan tipe 2 berbeda-beda pada masing-masing orang, mulai dari faktor genetik, gaya hidup dan lain-lain.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 16 Februari 2021  |  12:51 WIB
Penyebab diabetes karena gaya hidup yang kurang sehat - Hipvie
Penyebab diabetes karena gaya hidup yang kurang sehat - Hipvie

Bisnis.com, JAKARTA - Penyebab diabetes bervariasi tergantung pada genetik, riwayat keluarga, etnis, kesehatan dan faktor lingkungan. Penyebab diabetes sangat bervariasi dan tergantung pada individu dan jenisnya.

Mengutip dari Diabetes.co.uk, Selasa (16/2/2021), penyebab diabetes tipe 1 sangat bervariasi dari penyebab diabetes gestasional. Demikian pula penyebab diabetes tipe 2 berbeda dengan penyebab diabetes tipe 1.

Penyebab diabetes tipe 1 adalah kondisi autoimun dimana pankreas tidak dapat memproduksi insulin, sedangkan diabetes tipe 2 adalah resistensi tubuh terhadap insulin.

Penyebab diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 disebabkan oleh sistem kekebalan yang menghancurkan sel-sel di pankreas yang membuat insulin. Hal ini menyebabkan diabetes dengan meninggalkan tubuh tanpa cukup insulin untuk berfungsi secara normal.

Ini disebut reaksi autoimun, atau penyebab autoimun, karena tubuh menyerang dirinya sendiri.

Tidak ada penyebab diabetes spesifik, tetapi pemicunya adalah infeksi virus atau bakteri, racun kimiawi di dalam makanan dan komponen tak teridentifikasi menyebabkan reaksi autoimun.

Disposisi genetik yang mendasari juga bisa menjadi penyebab diabetes tipe 1.

Penyebab diabetes tipe 2

Penyebab diabetes tipe 2 biasanya multifaktorial - lebih dari satu penyebab diabetes yang terlibat. Seringkali, faktor yang paling menonjol adalah riwayat keluarga diabetes tipe 2. Ini adalah penyebab diabetes tipe 2 yang paling mungkin.

Ada berbagai faktor risiko diabetes tipe 2, salah satu atau semuanya meningkatkan kemungkinan berkembangnya kondisi tersebut. Faktor penyebab diabetes tipe 2 adalah

1. Kegemukan

2. Menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak

3. Bertambahnya usia

4. Diet yang buruk

Penyebab diabetes tipe 2 lainnya seperti kehamilan atau penyakit dapat menjadi faktor risiko diabetes tipe 2

Penyebab diabetes gestasional

Penyebab diabetes dalam kehamilan yang juga dikenal sebagai diabetes gestasional masih belum diketahui. Namun, ada sejumlah faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan berkembangnya kondisi ini:

1. Riwayat keluarga diabetes gestasional

2. Kegemukan atau obesitas

3. Menderita sindrom ovarium polikistik

4. Pernah memiliki bayi besar dengan berat lebih dari £ 9

Penyebab diabetes gestasional mungkin juga terkait dengan etnis - beberapa kelompok etnis memiliki risiko diabetes gestasional yang lebih tinggi.

Penyebab diabetes lainnya

Ada berbagai penyebab diabetes potensial lainnya. Ini termasuk yang berikut:

1. Pankreatitis atau pankreatektomi sebagai penyebab diabetes. Pankreatitis diketahui meningkatkan risiko diabetes, seperti pankreatektomi.

2. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS). Salah satu akar penyebab PCOS adalah resistensi insulin terkait obesitas, yang juga dapat meningkatkan risiko pradiabetes dan diabetes tipe 2.

3. Sindrom Cushing. Sindrom ini meningkatkan produksi hormon kortisol, yang berfungsi untuk meningkatkan kadar glukosa darah. Kortisol yang berlebihan dapat menyebabkan diabetes.

4. Glukagonoma. Penderita glukagonoma mungkin mengalami diabetes karena kurangnya keseimbangan antara tingkat produksi insulin dan produksi glukagon.

5. Diabetes yang diinduksi steroid (diabetes steroid) adalah bentuk diabetes langka yang terjadi karena penggunaan terapi glukokortikoid dalam waktu lama.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes tips sehat Penyakit Diabetes
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top