Aplikasi berbasis suara Clubhouse
Fashion

Aplikasi Clubhouse Palsu Beredar, Ini Kata Pakar Keamanan Siber

Rezha Hadyan
Jumat, 19 Februari 2021 - 20:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kepopuleran jejaring sosial berbasis suara Clubhouse ternyata dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan siber.

Mereka menargetkan pengguna Android yang penasaran dengan jejaring sosial itu. Seperti diketahui, saat ini Clubhouse hanya tersedia bagi pengguna iOS saja.

Pakar Keamanan Siber dari Kaspersky Denis Legezo mengatakan pelaku kejahatan siber diketahui telah menyebarluaskan aplikasi Clubhouse palsu untuk pengguna Android yang digunakan untuk mencuri data pengguna.

"Aplikasi palsu berbahaya ini kemudian bisa memperoleh titik lokasi perangkat baik kasar maupun akurat, merekam audio dan video, mendapatkan akses ke messenger, dll" katanya melalui keterangan resmi yang diterima oleh Bisnis pada Jumat (19/2/2021).

Lantas, apa yang harus dilakukan agar terhindar dari aplikasi Clubhouse palsu?

Menurut Pakar Keamanan Siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah bersabar sampai aplikasi Clubhouse resmi dirilis oleh Alpha Exploration di Google PlayStore.

"Jangan sampai download dari luar PlayStore karena iming-iming tertentu. Belum ada aplikasi resmi untuk Android yang dirilis oleh Alpha [Exploration]," katanya kepada Bisnis, Jumat (19/2/2021).

Adapun, terkait dengan beredarnya aplikasi yang mencatut nama Clubhouse di Google PlayStore menurut Alfons juga perlu diwaspadai. Karena bukan tidak mungkin aplikasi itu memanfaatkan kepopuleran Clubhouse untuk mengambil keuntungan lewat cara yang merugikan konsumen.

"Hati-hati, jangan sembarangan install, kalau sudah terlanjur segera dihapus agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro