Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hati-Hati Ada Aplikasi Clubhouse Palsu yang Bisa Curi Data Pengguna

pelaku kejahatan siber diketahui telah menyebarluaskan aplikasi Clubhouse palsu untuk pengguna Android yang digunakan untuk mencuri data pengguna. Tentunya, aktivitas tersebut dilakukan setelah pengguna memberikan izin akses lewat peraturan keamanan.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 19 Februari 2021  |  10:13 WIB
Aplikasi berbasis suara Clubhouse
Aplikasi berbasis suara Clubhouse

Bisnis.com, JAKARTA -Rasa penasaran pengguna Android terhadap jejaring sosial berbasis suara Clubhouse ternyata dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan siber.

Mengutip keterangan resmi yang diterima oleh Bisnis pada Jumat (19/2/2021), pelaku kejahatan siber diketahui telah menyebarluaskan aplikasi Clubhouse palsu untuk pengguna Android yang digunakan untuk mencuri data pengguna. Tentunya, aktivitas tersebut dilakukan setelah pengguna memberikan izin akses lewat peraturan keamanan.

"Aplikasi palsu berbahaya ini kemudian bisa memperoleh titik lokasi perangkat baik kasar maupun akurat, merekam audio dan video, mendapatkan akses ke messenger, dll," kata pakar keamanan di Kaspersky, Denis Legezo

Beberapa trik yang tidak biasa juga memungkinkan terjadi. Misalnya, jika para pelaku kejahatan siber mengimplementasikan kapasitas untuk merekam audio, dan fungsi ini diizinkan pada perangkat, mereka akan dapat menggunakan rekaman berkualitas tinggi untuk melatih algoritme mesin mereka, untuk membuat deep fake yang lebih canggih.

"Cara terbaik untuk menjaga keamanan adalah dengan selalu waspada tentang apa yang diunduh, dan menjaga pengaturan keamanan secara tepat pada ponsel cerdas Anda," ujar Legezo.

Selain itu, pelaku kejahatan siber juga memanfaatkan undangan untuk melakukan aksinya. Mereka melakukan penjualan undangan yang di dalamnya disusupi virus atau malware.

Seperti diketahui, Clubhouse saat ini hanya tersedia untuk pengguna iOS, dan untuk bisa mendaftar dan masuk harus mendapat undangan dari orang lain yang sudah memiliki akun di aplikasi tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aplikasi serangan siber clubhouse
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top