Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Adaptasi Teknologi Bikin PPM Manajemen Berdansa Dengan Pandemi Virus Corona

Untuk mendukung digitalisasi secara merata, PPM Manajemen lantas melahirkan Solusi Teknologi Pembelajaran (STP).
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 23 Februari 2021  |  15:50 WIB
PPM Manajemen membuat forum diskusi online. - tangkapan layar
PPM Manajemen membuat forum diskusi online. - tangkapan layar

Bisnis.com, JAKARTA -  Beradaptasi dengan digitalisasi harus dilakukan semua perusahaan di masa sekarang ini. Terutama ketika pertemuan menjadi terbatas akibat pagebluk Covid-19 yang tiba-tiba hadir.

Salah satu yang sadar pentingnya adaptasi teknologi digital yakni PPM Manajemen. Lembaga manajemen pertama di Indonesia ini bahkan sejak satu dekade lalu sudah berinvestasi dalam teknologi.

Act. Executive Director PPM Manajemen Triono Saputro mengatakan pihaknya fokus menjadikan teknologi sebagai backbone layanan pembelajaran di PPM. "Sudah sejak satu dekade lalu, pandemi Covid menjadi percepatannya saja, dengan begitu kami bisa dancing with the pandemic," ujarnya dalam Media Gathering yang digelar virtual, Selasa (23/2/2021).

Mendukung digitalisasi secara merata, PPM Manajemen lantas melahirkan Solusi Teknologi Pembelajaran (STP). Triono menyebut ada jenis layanan dan solusi yang diberikan.

Pertama Content Development Services yang merupakan jasa bagaimana PPM Manajemen mengubah konten pembelajaran konvensional menjadi konten berbasis digital atau E-Learning. Kontennya meliputi podcast, video, animasi interaktif, page turner, game based learning. "Pendekatan yang kita biasa bangun adalah mikro learning," imbuh Triono.

Kedua, Digital Platform Pembelajaran atau Learning Management System (LMS) di mana terdapat dua skema yang ditawarkan. Antara lain, LMS development yaitu membangun dari awal nanti dioperasionalkan oleh klien. Kemudian LMS Manage Services yaitu menyewa dari PPM Manajemen dan juga dibantu dalam pengoperasiannya.

Di sisi lain, Direktur Jasa Pengembangan Eksekutif PPM Manajemen Dr. Pepey Riawati Kurnia menerbitkan program baru yakni Jasa Pengembangan Eksekutif bertajuk “PodManis" alias Podjok Manajemen dan Bisnis.

Pepey menerangkan PodManis merupakan podcast untuk anak muda yang tertarik dengan pembahasan seputar bisnis dan manajemen yang dibawakan secara ringan. Podcast akan resmi mengudara per 1 Maret 2021.

Dengan tagline “your one stop management and business channel”, PodManis diharapkan menjadi sumber utama pendengar podcast di Indonesia untuk mendapatkan konsep penerapan teori manajemen dan bisnis pada kehidupan sehari-hari.

Sejak diberlakukan WFH, PPM Manajemen pun membuat forum diskusi online gratis, Pojok Pintar Manajemen. Dari Pojok Pintar Manajemen ini akhirnya terbentuklah sebuah komunitas yang disebut PPM Community dengan tujuan sebagai tempat untuk belajar, bertanya, dan berdiskusi tentang manajemen.

manajemen ppm diskusi media darling

PPM Manajemen pun membuat forum diskusi online./Desynta Nuraini

Ragam komunitas dihadirkan sesuai dengan bidang peminatan dari 'alumni'peserta Pojok Pintar Manajemen. Ada 5 bidang peminatan, antara lain Human Capital Management (HCM), Leadership and Talent Development (LTD), Governance, Risk and Compliance Community (GRC), Operations Excellence Community (OPEX) dan Innovation Community (INV)

Ketua Sekolah Tinggi Manajemen PPM Prof. Bramantyo Djohanputro menambahkan pihaknya juga menerbitkan produk baru, yakni Mini MM dengan kelas khusus Perusahaan (PT SSL) dan kelas heterogen.

Adapun PPM SoM telah mendapatkan predikat Unggul dari BAN-PT dan di Journal of Management and Business Review (JMBR) berhasil meraih peringkat 3.

PPM Manajemen juga sudah memiliki Virtual Experiential Learning yang masih terus berkembang desain pembelajarannya. Penggunaan metode yang interaktif dilakukan ditunjang dengan penggunaan teknologi berupa aplikasi sebagai pendukung pembelajaran yang terbaru.

Ya, PPM Manajemen sebagai lembaga manajemen pertama di Indonesia menyediakan solusi jasa layanan terintegrasinya melalui Program Pengembangan Eksekutif, Asesmen SDM, Sekolah Tinggi Manajemen, Riset dan Konsultansi, Pembelajaran Inggriya (In-House Learning), Publikasi & Seminar, Program Pelatihan Sertifikasi, dan Solusi Teknologi Pembelajaran.

Tak henti di situ, perusahaan jasa ini turut meluncurkan Program Pelatihan Sertifikasi (PPS) yang eksis Oktober 2020 lalu. Hadir sebagai jasa pelatihan sertifikasi berlisensi yang berpengalaman,  terpercaya, serta mencakup seluruh bidang fungsional manajemen, berskala nasional dan internasional.

Tak dipungkiri, lebih dari 15 tahun PPM Manajemen menjadi lembaga sertifikasi, memberikan jaminan sertifikasi kompetensi berskala nasional dan internasional.

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) milik PPM Manajemen pun dipercaya oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk melaksanakan uji sertifikasi online atau asesmen jarak jauh (AJJ) sejak Mei 2020.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sertifikat lsp Virus Corona pandemi corona
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top