Ilustrasi pria stres setelah istri melahirkan./Antara
Health

5 Makanan dan Minuman Ini Bantu Beri Semangat Ketika Burnout

Laurensia Felise
Sabtu, 27 Februari 2021 - 09:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Burnout merupakan kondisi mental di mana seseorang merasakan stres berlebih hingga menganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini bisa diakibatkan karena berbagai hal, salah satunya dampak buruk pada kondisi wellbeing akibat situasi dunia kerja dan pribadi yang memberikan tekanan pada mental.

Kabar baiknya adalah kondisi ini bisa diatasi dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi baik yang dapat meningkatkan sistem imun dan memberikan energi.

Dilansir dari AsiaOne, berikut lima makanan dan minuman yang bisa membantu mengurangi burnout.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan yang tinggi akan asam folik yang membantu memberikan suntikkan serotonin pada tubuh serta membantu kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker dengan kandungan folat.

  1. Buah-buahan

Buah-buahan bisa menjadi pilihan camilan ketika sedang merasa stres. Ketimbang mengonsumsi keripik atau camilan lain yang kurang baik bagi tubuh, buah-buahan mengandung banyak serat yang membantu kelancaran pencernaan di dalam tubuh.

  1. Polong-polongan

Jenis kacang ini juga merupakan sumber protein dan serat yang bisa membantu menjaga kesehatan fisik dan mental. Manfaat lainnya dari polong-polongan adalah menenangkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas pada insulin.

  1. Adaptogen

Adaptogen umumnya dapat ditemukan pada beberapa rempah, jamur, dan akar-akar tumbuhan yang umum digunakan pada pengobatan Tiongkok dan Ayurveda yang bisa membantu tubuh dalam menghadapi stres. Bahan ini bisa dicampurkan pada sup, salad, dan smoothie.

  1. Air Putih

Jika Anda merasa burnout, mungkin itu menandakan sistem tubuh mengalami kekurangan cairan. Beberapa ahli berpendapat bahwa menjaga tubuh untuk terhidrasi dapat menjaga penurunan tingkat stres mengingat kebutuhan cairan di dalam organ agar mampu berfungsi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro