Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Bagi Anda yang Ingin Memulai Gaya Hidup Sustainable

Beberapa memilih untuk menggunakan produk yang mudah dijangkau seperti produk skala UMKM, ada pula yang beralih meminimalisir pembelian maupun penggunaan beberapa produk.
Laurensia Felise
Laurensia Felise - Bisnis.com 01 Maret 2021  |  10:06 WIB
Ilustrasi - Awomensclub
Ilustrasi - Awomensclub

Bisnis.com, JAKARTA - Kondisi pandemi membuat banyak perubahan dalam segi gaya hidup, baik dalam pengelolaan pakaian maupun dalam produk yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa memilih untuk menggunakan produk yang mudah dijangkau seperti produk skala UMKM, ada pula yang beralih meminimalisir pembelian maupun penggunaan beberapa produk.

Tapi sebagian memilih jalur penggunaan produk yang sustainable atau berkelanjutan untuk memaksimalkan produk yang digunakan. Inilah beberapa tips yang dihimpun berdasarkan jenis produknya untuk memulai penggunaan produk sustainable bagi Anda yang kesulitan memulainya sebagaimana dikutip dari Times of India.

1. Pakaian

Ada beberapa cara yang dapat diikuti untuk memaksimalkan produk pakaian agar bisa terus digunakan. Pertama, kurangi pembelian pakaian dan gunakan pakaian yang Anda miliki sesering mungkin.

Kedua, Anda dapat beralih menggunakan pakaian berbahan serat alami atau gunakan bahan yang terbuat dari plastik daur ulang. Bahan yang sebaiknya dihindari adalah bahan polyester dan rayon. Cara terakhir adalah dengan menukarkan pakaian yang Anda miliki dengan pakaian yang Anda miliki dengan yang diinginkan sebelum memutuskan untuk membeli yang baru.

2. Makeup dan Produk Kecantikan

Ketika memilih bahan produk, gunakan bahan organik baik untuk makeup maupun produk kecantikan lainnya yang lebih ramah dan memberikan manfaat pada kulit.

“Pilih pembersih wajah alami bersamaan dengan kapas pembersih yang dapat digunakan berulang kali untuk memaksimalkan rutinitas pembersihan makeup yang berkelanjutan,” ujar Mehul Manheshwar, Chief Marketing Officer dari perusahaan produsen produk berkelanjutan Bare Necessities Zero Waste Solutions.

Penggunaan produk yang maksimal sampai barangnya habis adalah salah satu cara yang dapat dipraktikkan ketika Anda ingin memulai gaya hidup berkelanjutan pada produk makeup dan produk kecantikan. Cara lainnya yang efektif adalah menggunakan produk alami dan yang dapat digunakan berulang kali.

Tidak hanya itu, sangat disarankan untuk membeli produk multifungsi serta gunakan sedikit produk demi memaksimalkannya hingga masa berakhir produk. Jangan lupa juga untuk memastikan produk tersimpan dalam kondisi yang tidak lembap dan terhindari dari sinar matahari langsung serta maksimalkan penggunaan botol dan toples agar bisa digunakan berulang kali.

3. Wewangian

Satu cara untuk memastikan gaya hidup berkelanjutan adalah dengan memilih produk wewangian yang dikemas dengan botol kaca serta memilih produk parfum yang lebih tahan lama dan memiliki aroma yang kuat dibanding dengan body mist. Jangan lupa pula untuk memerhatikan bahan yang terkandung di dalamnya karena hal tersebut juga memiliki pengaruh.

Alternatif lainnya adalah wewangian yang dikemas dalam bentuk padat yang umumnya menggunakan kaleng kecil sebagai packaging-nya. Kaleng ini sendiri bisa digunakan kembali untuk keperluan lain ketika isinya telah habis, misalnya untuk meletakkan anting atau aksesoris lain.

4. Perlengkapan Mandi

Alihkan penggunaan produk perlengkapan mandi seperti shampo, kondisioner, dan sabun mandi ke dalam bentuk batangan yang dikemas dengan kemasan kertas dan kardus. Mehul beranggapan produk perlengkapan mandi berbasis cairan atau gel dikemas dengan plastik berlapis yang membuatnya sulit didaur ulang.

Dalam segi bahan produk, gunakan produk yang tidak mengandung tambahan sintetis dan minyak buatan yang dapat merusak lingkungan dan membahayakan kesehatan manusia. Produk lainnya yang juga disarankan adalah produk alami atau produk dengan bahan yang lebih tahan lama seperti stainless steel dan produk katun yang bisa dipakai berulang kali.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gaya hidup sustainable finance
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top