Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Film Bertema Politik Rekomendasi Muhaimin Iskandar bagi Politisi

Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar menilai ada banyak film yang memuat nilai-nilai kebaikan yang telah menginspirasi para politisi termasuk dirinya. Apa saja filmnya?
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 04 Maret 2021  |  14:28 WIB
Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) A. Muhaimin Iskandar.  - Bisnis
Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) A. Muhaimin Iskandar. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar menilai ada banyak film yang memuat nilai-nilai kebaikan dengan pesan bahwa politik harus dijalankan untuk kepentingan umum.

Menurutnya, nilai-nilai kebaikan itu telah banyak menginspirasi para politisi termasuk dirinya. Oleh karena itu, itulah dia mengajak para Tenaga Ahli (TA) Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPR untuk lebih sering menonton film bertema politik.

“Banyak film politik yang bisa memberikan inspirasi bagaimana politik harus dijalankan untuk kepentingan umum. Mayoritas film-film politik menunjukkan kepada kita semua bahwa berpolitik itu tidak cukup hanya bermodal tekad dan semangat tetapi juga mensyaratkan kapabilitas dan disiplin diri dari para penggiatnya,” ujar Gus Ami saat membuka workshop Fraksi PKB bertajuk Peningkatan Kinerja FPKB Melalui Tenaga Ahli Fraksi dan Tenaga Ahli Anggota di Bandung, Jawa Barat, yang juga ditayangkan secara virtual, Kamis (4/3/2021)

Gus Ami mengungkapkan banyak judul film politik yang memberikan gambaran bagaimana lika-liku politik di berbagai belahan dunia berjalan. Salah satu film yang menjadi rujukannya adalah serial drama politik House of Cards yang mengambarkan betapa kerasnya dunia politik di Amerika Serikat.

Selain itu, jelas dia, ada Darkest Hour yang bercerita tentang kepemimpinan Wiston Churchil saat memimpin Inggris melawan aneksasi Jerman. Menurutnya, ada juga film lainnya yang patut ditonton politisi adalah film The Ides of March yang bercerita tentang dinamika tim sukses seorang calon presiden dan film The Post tentang dahsyatnya pengaruh media massa dalam mengubah arah kehidupan sebuah bangsa.

“Dari film-film politik itu kita bisa tahu bahwa menjadi orang baik saja belum cukup sebagai modal untuk merealisasikan sebuah idealisme tetapi juga dibutuhkan komitmen, tekad, kapabilitas dan pengorbanan dari para aktivis politik,” katanya.

Khusus untuk peran dan fungsi TA, Gus Ami menyarankan untuk menonton film The Report. Film yang dibintangi oleh aktor Adam Driver tersebut menunjukkan betapa seorang tenaga ahli bisa membantu seorang ketua komite intelejen Senat Amerika Serikat membongkar skandal kebijakan CIA yang menggunakan Teknik penyiksaan pasca teror 11 September di Amerika Serikat.

Di film itu digambarkan seorang tenaga ahli harus mampu menyampaikan ide mereka, meyakinkan anggota senat yang didampingi, melakukan investigasi, menulis laporan hingga skandal tersebut diungkap ke publik.

“Di situ kita ketahui seorang TA itu harus punya kemampuan interdisipliner dari kemampuan analitik, komunikatif, investigatif, hingga intelejen untuk bisa mempengaruhi kebijakan publik. Nah kami berharap TA PKB mempunyai kemampuan interdisipliner tersebut,” katanya.

Gus Ami menegaskan hari-hari ini publik terus menunggu keberpihakan para aktivis politik untuk mendorong terciptanya kehidupan masyarakat yang lebih baik. Menurutnya, dari berbagai jajak pendapat menunjukkan tingkat kepercayaan publik ke lembaga demokrasi seperti DPR dari waktu ke waktu terus mengalami penurunan.

Dia mengatakan kondisi tersebut harus disikapi serius agar kepercayaan terhadap sistem demokrasi tidak terus tergerus.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Film pkb muhaimin iskandar
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top