Masker. /ANtara
Health

Jangan Asal Pakai Masker! Ini Pesan IDI Agar Terhindar dari Corona

Setyo Aji Harjanto
Rabu, 10 Maret 2021 - 16:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng Faqih menyatakan bahwa pemakaian masker yang sesuai dapat melindungi hingga 90 persen dari penularan virus Corona (Covid-19).

Daeng pun mengimbau agar semua pihak mengenakan masker yang memiliki lapisan antivirus yang benar dan memiliki izin edar.

"Pemakaian masker yang sesuai (masker bedah, N95, KN 94, KF 94) dapat melindungi hingga 90 persen penularan dan tertular," kata Daeng dalam keterangan resmi, Rabu (10/3/2021).

Menurut Daeng penggunaan masker yang baik dan benar sangatlah penting, meski masih ada risiko 10 persen tertular lantaran keluarnya droplet dan mikro droplet dengan pemakaian masker dalam jangka waktu lama.

Lebih lanjut, Daeng mengatakan bahwa berdasarkan laporan penelitian dari berbagai negara menunjukkan bahwa 5-80 persen kasus positif Covid-19 tidak memiliki gejala. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

"Hal ini akan menjadi penyulit dalam pengendalian karena tidak mungkin setiap hari semua orang dites," ujarnya.

Selain itu, Daeng menjelaskan bahwa kemampuan pembentukan antibodi pasca-infeksi maupun vaksinasi Covid-19 bersifat individual. Untuk itu, kata Daeng, protokol kesehatan dan upaya menurunkan viral load sangat diperlukan untuk mengakhiri pandemi.

“Program vaksinasi harus didampingi dengan protokol yang update,” kata Daeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro