Daun torbangun
Health

Bukan Cuma Daun Katuk, Torbangun juga ASI Booster Alami yang Teruji Klinis

Desyinta Nuraini
Selasa, 16 Maret 2021 - 16:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meningkatkan produksi air susu ibu (ASI) bisa dilakukan secara alami, yakni dengan mengonsumsi sejumlah sayuran.

Mungkin secara umum sayur daun katuk dan bayam memiliki sifat ASI booster tersebut, tapi pernahkah Anda tahu bahwa daun torbangun memiliki khasiat serupa?

Peneliti Nutrasetikal IPB University Nancy Dewi Yuliana mengatakan secara klinis, daun torbangun bisa meningkatkan ASI jika dikonsumsi sebagai sayuran.

"Ini sering dikonsumsi ibu menyusui di Sumatra Utara, secara tradisional mereka konsumsi dalam bentuk sup," ungkapnya dalam diskusi virtual yang digelar Danone Indonesia, Selasa (16/3/2021).

Daun torbangun memiliki nama ilmiah Plectranthus amboinicus L. Daun ini juga dikenal dengan sebutan daun jintan yang merupakan sejenis tanaman pirenial dan diduga berasal dari Afrika. Tanaman ini tergolong dalam klasifikasi keluarga dari Lamiaceae.

Nancy menyebut saat ini sudah banyak produk olahan daun torbangun yang dikemas lebih modern menjadi kue, teh, hingga jus.

Mahasiswa IPB pun membuat inovasi mi instan berbahan dasar daun torbangun yang saat ini sedang didaftarkan ke dalam hak paten.

"Kami sedang melaksanakan studi in vivo terkait aktivitas ASI booster mie dari ekstrak daun torbangun," ungkap Nancy.

Sejauh ini, pihaknya juga sudah melakukan skrining atau uji cepat tanaman potensial ASI booster, namun kesulitan dalam mengembangkannya secara in vivo.

"Akan memakan waktu lama karena harus dibedah satu per satu, kita masih terbentur maslaah pengembangan skrining tanamannya," tutur Nancy.

Uji in vivo yakni pengujian pada makhluk hidup (hewan). Hewan yang digunakan adalah hewan yang diketahui genetiknya atau dikenal dengan galur tertentu dari mencit, tikus, kelinci, marmut, babi, anjing atau primata. Melalui pengujian ini akan bisa diprediksi efek penggunaan obat pada manusia terutama terkait efek toksik yang dihasilkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro