Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

13 Jenis Tanaman Herbal untuk Turunkan Berat Badan

Berikut adalah 13 tumbuhan luar biasa yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 21 Maret 2021  |  15:43 WIB
Ginseng -
Ginseng -

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak herbal dan rempah-rempah telah terbukti dapat melawan keinginan makan dan meningkatkan pembakaran lemak serta penurunan berat badan.

Berikut adalah 13 tumbuhan luar biasa yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dilansir dari Healthline :

1. Fenugreek

Fenugreek adalah bumbu rumah tangga biasa yang berasal dari Trigonella foenum-graecum, tanaman milik keluarga kacang-kacangan.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa fenugreek dapat membantu mengontrol nafsu makan dan mengurangi asupan makanan untuk mendukung penurunan berat badan.

Satu studi pada 18 orang menunjukkan bahwa melengkapi dengan 8 gram serat fenugreek setiap hari meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi rasa lapar dan asupan makanan, dibandingkan dengan kelompok kontrol (1Trusted Source).

Studi kecil lainnya menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak biji fenugreek menurunkan asupan lemak harian sebesar 17%, dibandingkan dengan plasebo. Ini menghasilkan jumlah kalori yang lebih rendah yang dikonsumsi sepanjang hari (2Trusted Source).

2. Cabai rawit

Cabai rawit adalah sejenis cabai, yang populer digunakan untuk memberikan rasa pedas ke banyak hidangan.

Ini mengandung senyawa capsaicin, yang memberi cabai rawit panas khasnya dan memberikan banyak manfaat kesehatan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa capsaicin dapat sedikit meningkatkan metabolisme, meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar sepanjang hari

Capsaicin juga dapat mengurangi rasa lapar untuk mendorong penurunan berat badan.

Satu studi kecil menemukan bahwa mengonsumsi kapsul capsaicin meningkatkan tingkat kepenuhan dan menurunkan asupan kalori total.

Studi lain pada 30 orang menunjukkan bahwa makan makanan yang mengandung capsaicin mengurangi kadar ghrelin, hormon yang bertanggung jawab untuk merangsang rasa lapar.

3. Jahe

Jahe adalah bumbu yang dibuat dari rimpang tanaman jahe berbunga, Zingiber officinale.

Sering digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit, beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Satu ulasan dari 14 penelitian pada manusia menunjukkan bahwa melengkapi dengan jahe secara signifikan menurunkan berat badan dan lemak perut.

Ulasan lain dari 27 penelitian pada manusia, hewan, dan tabung reaksi juga menyimpulkan bahwa jahe dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak sekaligus mengurangi penyerapan lemak dan nafsu makan.

4. Oregano

Oregano adalah ramuan abadi yang termasuk dalam famili tumbuhan yang sama dengan mint, basil, thyme, rosemary, dan sage.

Ini mengandung carvacrol, senyawa kuat yang dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan.

Satu studi pada tikus dengan diet tinggi lemak yang mengandung carvacrol atau tidak menemukan bahwa mereka yang menerima carvacrol memperoleh berat badan dan lemak tubuh yang jauh lebih sedikit daripada kelompok kontrol.

Suplemen carvacrol juga ditemukan secara langsung berdampak pada beberapa gen dan protein tertentu yang mengontrol sintesis lemak dalam tubuh 

Namun, penelitian tentang efek oregano dan carvacrol terhadap penurunan berat badan masih sangat terbatas. Studi berbasis manusia sangat kurang.

5. Ginseng

Ginseng adalah tanaman dengan khasiat peningkat kesehatan yang sering dianggap sebagai makanan pokok dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Ini dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, termasuk Korea, Cina dan Amerika, yang semuanya termasuk dalam genus tanaman ginseng yang sama.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa tanaman yang kuat ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Satu studi kecil menemukan bahwa mengonsumsi ginseng Korea dua kali sehari selama delapan minggu menghasilkan penurunan berat badan yang dapat diukur, serta perubahan komposisi mikrobiota usus (10Trusted Source).

Demikian pula, sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ginseng memerangi obesitas dengan mengubah pembentukan lemak dan menunda penyerapan lemak usus.

Namun, penelitian berskala besar yang lebih berkualitas tinggi diperlukan untuk memeriksa dampak ginseng pada penurunan berat badan pada manusia.

6. Caralluma Fimbriata

Caralluma Fimbriata adalah ramuan yang sering dimasukkan dalam banyak pil diet.

Diperkirakan bekerja dengan meningkatkan kadar serotonin, neurotransmitter yang secara langsung memengaruhi nafsu makan (12Trusted Source, 13Trusted Source).

Satu studi 12 minggu pada 33 orang menemukan bahwa peserta yang menggunakan Caralluma Fimbriata mengalami penurunan lemak perut dan berat badan yang jauh lebih besar, dibandingkan dengan mereka yang menggunakan plasebo.

Studi kecil lainnya menunjukkan bahwa mengonsumsi 1 gram Caralluma Fimbriata setiap hari selama dua bulan menyebabkan penurunan berat badan dan tingkat kelaparan, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

7. Kunyit

Kunyit adalah bumbu yang dipuja karena rasanya, warnanya yang cerah, dan khasiat obat yang manjur.

Sebagian besar manfaat kesehatannya dikaitkan dengan keberadaan kurkumin, bahan kimia yang telah dipelajari secara ekstensif untuk efeknya pada segala hal mulai dari peradangan hingga penurunan berat badan.

Satu studi pada 44 orang yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa mengonsumsi kurkumin dua kali sehari selama satu bulan efektif dalam meningkatkan penurunan lemak, mengurangi lemak perut dan meningkatkan penurunan berat badan hingga 5%.

Demikian pula, sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa melengkapi tikus dengan kurkumin selama 12 minggu mengurangi berat badan dan lemak tubuh dengan menghalangi sintesis lemak.

Namun, perlu diingat bahwa penelitian ini menggunakan jumlah kurkumin terkonsentrasi, jauh lebih besar daripada jumlah yang ada dalam dosis kunyit biasa.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk meneliti bagaimana kunyit itu sendiri dapat memengaruhi penurunan berat badan.

8. Lada Hitam

Lada hitam adalah bumbu rumah tangga biasa yang berasal dari buah kering Piper nigrum, tanaman merambat berbunga asli India.

Ini mengandung senyawa kuat yang disebut piperine, yang memasok rasa pedas dan potensi efek penurunan berat badan.

Satu studi menemukan bahwa melengkapi dengan piperine membantu mengurangi berat badan pada tikus yang menjalani diet tinggi lemak, bahkan tanpa perubahan asupan makanan.

Sebuah studi tabung reaksi juga menunjukkan bahwa piperin secara efektif menghambat pembentukan sel lemak.

Sayangnya, penelitian saat ini masih sebatas penelitian tabung reaksi dan hewan.

Studi lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana piperin dan lada hitam dapat memengaruhi penurunan berat badan pada manusia.

9. Gymnema Sylvestre

Gymnema sylvestre merupakan ramuan yang sering digunakan sebagai obat alami untuk membantu menurunkan kadar gula darah.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu mungkin juga bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Ini mengandung senyawa yang disebut asam gymnemic, yang dapat membantu mengurangi rasa manis makanan untuk menangkal keinginan makan gula.

Faktanya, satu penelitian menyimpulkan bahwa mengonsumsi sylvestre Gymnema mengurangi nafsu makan dan asupan makanan, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Sebuah penelitian hewan selama tiga minggu juga menemukan bahwa makan ramuan ini membantu menjaga berat badan pada tikus yang menjalani diet tinggi lemak (22Trusted Source).

10. Kayu manis

Kayu manis adalah rempah-rempah aromatik yang dibuat dari bagian dalam kulit pohon dalam genus Cinnamomum.

Kaya akan antioksidan dan menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa kayu manis dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Ini sangat efektif dalam menstabilkan gula darah, yang dapat membantu mengurangi nafsu makan dan kelaparan.

Studi menunjukkan bahwa senyawa tertentu yang ditemukan dalam kayu manis dapat meniru efek insulin, membantu mengangkut gula dari aliran darah ke sel Anda untuk digunakan sebagai bahan bakar.

Kayu manis juga dapat menurunkan kadar enzim pencernaan tertentu untuk memperlambat pemecahan karbohidrat.

Meskipun efek ini berpotensi menurunkan nafsu makan dan menyebabkan penurunan berat badan, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mempelajari efek kayu manis secara langsung terhadap berat badan.

11. Ekstrak Biji Kopi Hijau

Ekstrak biji kopi hijau umumnya ditemukan di banyak suplemen penurun berat badan.

Itu terbuat dari biji kopi yang belum dipanggang dan mengandung asam klorogenat tinggi, yang dianggap berperan dalam menurunkan berat badan.

Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi kopi hijau mengurangi indeks massa tubuh (BMI) dan lemak perut pada 20 peserta, bahkan tanpa perubahan asupan kalori.

Tinjauan lain dari tiga penelitian menyimpulkan bahwa ekstrak biji kopi hijau dapat menurunkan berat badan rata-rata 5,5 pon (2,5 kg). Namun, para peneliti mencatat bahwa kualitas dan ukuran penelitian yang tersedia agak terbatas (28Trusted Source).

Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian berkualitas tinggi untuk mengevaluasi efektivitas biji kopi hijau terhadap penurunan berat badan.

12. Jinten

Jintan adalah bumbu yang dibuat dari biji Cuminum cyminum yang dikeringkan dan digiling, tumbuhan berbunga dari keluarga peterseli.

Ini terkenal dengan rasa pedasnya yang khas tetapi juga dikemas dengan manfaat kesehatan, termasuk potensi untuk mempercepat penurunan berat badan dan pembakaran lemak.

Satu studi kecil selama tiga bulan menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi yogurt dengan 3 gram jinten dua kali sehari kehilangan lebih banyak berat badan dan lemak tubuh daripada kelompok kontrol.

Demikian pula, sebuah studi delapan minggu melaporkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi suplemen jintan tiga kali sehari kehilangan 2,2 pound (1 kg) lebih banyak daripada mereka yang menggunakan plasebo 

13. Kapulaga

Kapulaga adalah rempah-rempah yang sangat berharga, dibuat dari biji tanaman dalam keluarga jahe.

Ini digunakan di seluruh dunia baik dalam memasak dan memanggang, tetapi juga dapat mendukung penurunan berat badan.

Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa bubuk kapulaga membantu mengurangi lemak perut pada tikus yang menjalani diet tinggi lemak dan tinggi karbohidrat.

Demikian pula, penelitian pada hewan lain menunjukkan bahwa kapulaga hitam khususnya efektif dalam mengurangi lemak perut dan total lemak tubuh pada tikus yang menjalani diet tinggi lemak.

Sayangnya, sebagian besar penelitian tentang potensi penurunan berat badan kapulaga terbatas pada penelitian pada hewan.

Pengaruh kapulaga pada penurunan berat badan pada manusia masih harus diselidiki.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

herbal diet
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top