Calon penumpang kereta api menyerahkan kantong tes deteksi Covid-19 dengan metode GeNose C19 kepada petugas kesehatan untuk diperiksa di Stasiun Pasar Turi, Surabaya, Jawa Timur, Senin (15/2/2021)./Antara
Health

Pemerintah Ungkap Rencana Gunakan GeNose untuk Pekerja di Sektor Manufaktur

Dany Saputra
Senin, 22 Maret 2021 - 16:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah mengungkapkan rencana untuk menjadikan alat deteksi Covid-19 GeNose, sebagai alat screening di tempat umum bermobilitas tinggi.

Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) Bambang Brodjonegoro mengusulkan agar penggunaan GeNose bisa digunakan untuk sektor manufaktur.

Menurutnya, penggunaan alat deteksi Covid-19 produksi UGM tersebut dapat membantu produktivitas dan mobilitas sektor manufaktur, yang mengalami kontraksi ekonomi akibat pembatasan jumlah karyawan saat produksi.

Caranya, setiap karyawan akan dites dengan GeNose sebelum masuk shift masing-masing. Apabila hasil screening tidak menunjukkan adanya tanda-tanda dari infeksi Covid-19, maka karyawan diperbolehkan untuk masuk ke area pabrik.

“Jadi kita ciptakan keamanan walaupun karyawan tetap memakai masker dan disiplin menerapkan 3M,” jelas Bambang dalam acara serah terima GeNose dari Menristek/Kepala BRIN kepada Menko Perekonomian, Senin (22/3/2021).

Menristek juga berharap agar Menko Perekonomian dapat meminta para pelaku ekonomi untuk menggunakan GeNose dalam kegiatannya. Tujuannya, untuk mencegah infeksi dan penularan di tempat kerja atau produksi.

Sementara itu, Menko Perekonomian sekaligus Ketua Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan permintaan GeNose semakin tinggi mencapai 20.000 permintaan.

Dia berencana untuk menggunakan GeNose sebagai alat screening, untuk di tempat-tempat umum dengan mobilitas tinggi seperti perguruan tinggi, terminal, stasiun, dan termasuk pabrik atau tempat produksi manufaktur.

“Karena demand-nya besar, 20.00, ada usulan Menristek agar industri diberikan masing-masing minimal ya 5-10 unit,” jelas Airlangga.

Adapun, GeNose adalah alat deteksi Covid-19 yang meniru cara kerja hidung manusia dengan memanfaatkan sistem penginderaan dan kecerdasan buatan dalam membedakan pola senyawa yang dideteksi. Khususnya, untuk membedakan pola senyawa dari volatile organic compound (VOC) nafas manusia yang terinfeksi Covid-19 atau tidak.

GeNose C19 untuk screening atau GeNose C19-S, merupakan alat skrining cepat infeksi virus SARS-CoV2 melalui hembusan nafas pasien Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro