Ilustrasi/acnetreatmentshq
Fashion

Tips Memilih Make Up Anti Jerawat yang Tepat

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 24 Maret 2021 - 14:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Makeup adalah hal penting yang kini dijadikan perempuan sebagai penyempurna penampilannya. 

Tapi, bagi Anda yang berjerawat memakai makeup menjadi hal yang paling ingin dihindari. Karena, tak sedikit orang makin berjerawat setelah memakai makeup.

Intinya, jika Anda berjerawat, riasan mungkin tampak seperti hal yang menakutkan.

Dilansir dari The Healthy, mereka yang berjerawat bisa tetap memakai make up dengan rambu-rambu tertentu. Berikut perinciannya :

1. Periksa label Produk

Ada beragam bahan riasan yang benar-benar menyebabkan jerawat, dan bahan-bahan tertentu mungkin membuat kulit Anda berjerawat. Carilah produk "noncomedogenic", yang konon tidak akan menyumbat pori-pori.

2. Jauhi produk berbahan minyak

Kulit berjerawat Anda bisa jadi sensitif terhadap minyak tertentu. Minyak tertentu (minyak mineral, minyak wijen, mentega coklat, minyak kelapa) dapat menyebabkan iritasi dan berjerawat pada beberapa individu. Jika kulit Anda tampak sensitif terhadap minyak, cobalah riasan berbahan silikon sebagai gantinya, katanya. Tetapi beberapa orang mengatakan silikon juga dapat menyebabkan berjerawat, jadi bereksperimenlah dengan apa yang paling cocok untuk Anda.

3. Perhatikan step make up

Mana yang lebih dulu: concealer atau alas bedak? Kebanyakan wanita memulai dengan concealer, tetapi alas bedak wajah Anda yang sebenarnya haruslah alas bedak. Dengan begitu, ada alas untuk concealer untuk diduduki, dan tidak perlu terlalu banyak. Anda dapat menutupi noda bahkan noda terbesar tanpa menggunakan riasan berlebihan.

4. Mulailah dengan primer

Kulit yang rentan berjerawat juga cenderung berminyak, yang berarti riasan Anda langsung lepas pada waktu makan siang. Mulailah dengan primer untuk memastikan alas bedak Anda benar-benar tetap di tempatnya.

5. Gunakan tanganmu

Menerapkan riasan adalah satu-satunya pengecualian dari aturan tentang menjauhkan tangan dari wajah. Kecuali jika Anda ahli dalam membersihkan alat rias, kuas dan spons dapat menahan bakteri dan mengiritasi area yang rentan berjerawat.

6. Temukan riasan yang cocok untuk Anda

Beberapa primer dan alas bedak menyertakan bahan yang tidak hanya menutupi noda — tetapi juga membantu menyembuhkan dan mencegah noda di masa mendatang. Pakailah produk dengan asam salisilat dan minyak pohon teh, yang keduanya membantu menghilangkan jerawat.

Riasan hanya akan menonjolkan noda Anda, jadi pilih bedak yang tepat. Untuk hasil akhir yang terlihat alami, gunakan nilon dan kaolin, yang  memberikan efek kabur pada kulit.

7. Jangan lupa membersihkan wajah

Hal yang paling penting adalah membersihkan wajah setelah makeup atau beraktivitas seharian. Membiarkan riasan dan semua polutan yang menempel padanya dalam semalam dapat menyumbat pori-pori dan mencegah kulit menjalani proses penyegaran seperti biasa saat Anda tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro