Tips berdoa yang khusyuk
Fashion

3 Cara Doa Khusyuk Agar Cepat Terkabul

Lukman Nur Hakim
Jumat, 26 Maret 2021 - 17:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berdoa merupakan cara berkomunikasi dengan Sang Pencipta dan menjadi satu cara yang dilakukan manusia agar bisa meminta apa yang diinginkan.

Meskipun, tidak bisa semua doa langsung dikabulkan oleh yang Maha Kuasa, tetapi berdoa merupakan cara agar mendapatkan hal yang kita mau.

Hal tersebut juga dikatakan dalam Al-Quran Surah Al-Mu'min ayat 60

Wa qaala rabbukumud'uunii astajib lakum, innalladziina yastakbiruna 'an 'ibaadatii sayadkhuluuna jahannama daakhiriin

Artinya: "Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Tentu dalam berdoa kita harus dalam keadaan yang baik dan sehat, agar doa kita dikabulkan oleh Sang Pencipta. Berikut  hal yang harus dilakukan jika ingin doa kalian (Insyallah) terkabul:

1. Memuji Allah SWT dan bershalawat nabi

Seperti apa yang dikatakan dalam HR Ahmad :

“Apabila kalian berdoa, hendaknya dia memulai dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian berdoalah sesuai kehendaknya.” (HR Ahmad).

Dengan menganggungkan dan memuji Allah SWT beserta bershalawat nabi,doa yang kita inginkan insyallah akan cepat terkabul dan didengar oleh Allah SWT.

2. Berdoa dengan keadaan Khusyuk

Khusyuk merupakan salah satu keadaan dimana kita berfokus kepada ibadah kita tanpa memikirkan duniawi. Khusyuk juga menjadi salah satu faktor dikabulkannya doa – doa yang kita inginkan, seperti yang terdapat dalam Al-Quran Surah Al-Anbiya ayat 90 :

“Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka (selalu) berdoa kepada Kami dengan berharap dan takut. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk’ (dalam beribadah) [Al-Anbiya: 90].

3. Doa di waktu Mustajab

Dalam islam ada beberapa waktu yang mustajab digunakan untuk berdua, salah satunya adalah seperti malam. Ada beberapa waktu lagi didalam sepertiga malam itu, dan yang menjadi waktu paling mustajab untuk berdoa adalah pada akhir sepertiga malam.

“Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku kabulkan, siapa yang meminta-Ku, Aku beri, dan siapa yang minta ampunan pasti Aku ampuni.” (HR. Muslim).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro