Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Makanan yang Bisa Menekan Nafsu Makan Berlebih

Meskipun menjaga asupan kalori saat merencanakan makanan Anda masih mudah, rasa lapar di tengah hari sering kali dapat menjungkirbalikkan keadaan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 27 Maret 2021  |  11:35 WIB
Jahe - Istimewa
Jahe - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tantangan terbesar bagi setiap orang yang mencoba mengurangi berat badan adalah mengurangi nafsu makan.

Meskipun menjaga asupan kalori saat merencanakan makanan Anda masih mudah, rasa lapar di tengah hari sering kali dapat menjungkirbalikkan keadaan.

Kebanyakan orang menyerah pada rasa lapar yang mengganggu mereka di antara waktu makan. Bahkan setelah mengemil, mereka merasa lapar dan sering beralih ke makanan tidak sehat untuk memuaskan diri.

Cara yang tepat untuk mencegahnya adalah dengan menambahkan beberapa makanan penekan nafsu makan ke dalam makanan. Ada beberapa suplemen dan produk yang tersedia di pasaran yang dapat menekan nafsu makan Anda.

Tetapi cara kerjanya berbeda, yang mungkin tidak sehat untuk Anda. Mereka mengurangi nafsu makan, menghalangi penyerapan nutrisi, atau meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar. Alternatif yang sehat adalah memasukkan produk makanan alami ke dalam makanan Anda.

Berikut 5 bahan alami dan aman yang bisa Anda tambahkan ke dalam menu makanan untuk menekan rasa lapar Anda seperti dilansir Times of India : 

1. Kacang almond

Segenggam almond bisa menjadi camilan yang sangat baik untuk meredakan rasa lapar di sore hari. Almond sarat dengan nutrisi seperti vitamin E, magnesium, antioksidan dan bahkan sumber serat yang kaya, yang membantu menekan rasa lapar sebelum waktunya.

Makan kacang almond saat merasa lapar bisa meningkatkan perasaan kenyang. Jangan makan kacang almond lebih dari segenggam dalam sehari.

2. Cokelat hitam

Siapa bilang coklat tidak sehat? Tukar cokelat susu biasa Anda dengan cokelat hitam untuk memuaskan rasa manis Anda tanpa mengonsumsi kalori berlebih. Cokelat hitam yang mengandung 70 persen cocoa bisa menekan nafsu makan. Bahkan asam stearat yang ada dalam cokelat hitam membantu memperlambat pencernaan dan membuat Anda kenyang untuk waktu yang lebih lama. Hindari makan lebih dari dua potong cokelat hitam sekaligus.

3. Kayu manis

Kayu manis yang manis dan bersahaja juga merupakan penekan nafsu makan yang sangat baik. Bumbu umum yang banyak digunakan dalam memanggang ini membantu menekan nafsu makan dengan menstabilkan kadar gula darah dan menunda pengosongan lambung.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007, mengungkapkan bahwa mengonsumsi 6 gram bubuk kayu manis dalam makanan dapat memperlambat proses pengosongan perut dan dapat membantu Anda tetap kenyang. Anda bisa menambahkan bubuk kayu manis ke oatmeal Anda atau menaburkan bubuk kayu manis di atas teh atau smoothie Anda.

4. Fenugreek

Biji fenugreek kuning kecil memiliki rasa yang kuat dan termasuk dalam keluarga kacang-kacangan. Mereka banyak digunakan dalam masakan India untuk menambah rasa pada hidangan dan Ayurveda untuk menyembuhkan beberapa kondisi kesehatan. Biji kuning mengandung 45 persen serat, yang sebagian besar tidak larut. Ketika serat memasuki sistem pencernaan Anda, itu memperlambat proses penyerapan karbohidrat dan lemak, membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Anda bisa merendam satu sendok teh biji fenugreek dalam segelas air hangat semalaman dan meminumnya di pagi hari atau langsung mengunyah bijinya.

5. Jahe

Jahe telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati berbagai jenis penyakit kesehatan. Akar yang harum memiliki kekuatan pencernaan yang luar biasa. Senyawa yang ada di dalam akar dapat merangsang sistem pencernaan Anda, dapat meredakan mual dan juga dapat menekan nafsu makan. Menurut sebuah studi kecil tahun 2012, pria yang mengonsumsi jahe saat sarapan tidak merasa lapar setidaknya selama 3 jam setelah makan. Anda bisa menambahkan jahe ke dalam makanan Anda atau minum teh jahe untuk mendapatkan manfaatnya yang luar biasa.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan jahe
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top