Kelelahan menjadi salah satu gejala yang dialami pasien Covid-19 setelah 6 bulan / Antara
Health

Waspada! Kurang Tidur dan Kelelahan Risiko Tinggi Kena Covid-19

Newswire
Senin, 29 Maret 2021 - 15:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kurang tidur dan kelelahan bisa memicu risiko terpapar virus corona atau Covid-19. Hal itu terungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan Juli-September 2020 dan dipuplikasikan di BMJ Nutrition, Prevention & Health.

Para periset mempelajari 2.800 tenaga kesehatan di enam negara yang diklaim berisiko tinggi tertular Covid-19. Para peserta diberi pertanyaan seputar kebiasaan tidur, termasuk tidur siang dan masalah tidur berat lain, begitu juga tingkat kelelahan.

Akhirnya, para peneliti menarik kesimpulan tambahan 1 jam tidur bisa menurunkan risiko terkena Covid-19 sebesar 12 persen.

Sementara itu, mereka yang mengaku mengalami kelelahan setiap hari berisiko 2,6 kali lipat tertular Covid-19, dengan waktu infeksi yang lebih lama serta gejala yang lebih berat. Kurang tidur dan kelelahan memang identik dengan meningkatnya risiko terinfeksi penyakit secara umum, seperti dikutip dari Tempo.co.

Kurang tidur dapat mempengaruhi sistem imun serta membuat orang lebih mudah sakit dan terinfeksi virus. Penelitian ini diklaim sebagai yang pertama yang mengaitkan kurang tidur dan kelelahan dengan risiko Covid-19.

"Di enam negara, waktu tidur yang lebih lama berkaitan dengan risiko lebih kecil terkena Covid-19. Masalah tidur dan kelelahan akut menambah risiko terpapar Covid-19," jelas peneliti seperti dikutip dari Foxnews, Senin (29/3/2021).

Hasil penelitian tersebut menegaskan pentingnya menjaga kesehatan, khususnya bagi para tenaga kesehatan selama pandemi Covid-19. Kepedulian pada dua faktor risiko ini akan membantu menjaga kesehatan dan kinerja produktif.

Sumber: Tempo.co

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro